Investasi Terbaik Adalah Anak


Oleh : Jamil Azzaini

Banyak orang menganggap bahwa instrumen investasi itu ada empat: aset kertas (obligasi, saham dll), property, komoditas (emas, hasil agro dll) dan bisnis riil. Menurut saya, ada satu instrumen investasi yang lebih penting dari ke empat hal tersebut, yaitu anak. Siapa saja yang bisa mendidik anak dengan baik maka ia akan memetik hasilnya di kemudian hari.
Investasi yang baik tidak hanya menghasilkan uang. Ia juga menghasilkan kebahagiaan dan kebanggaan. Dan, tentu yang lebih penting, membantu menyelamatkan kehidupan akhirat karena ivestasi itu menjadi “passive pahala” artinya ia mengirimkan pahala terus walau kita telah terkubur di dalam tanah.
Saat kita berinvestasi tentu kita sangat bersungguh-sungguh dan bersedia banting tulang mengeluarkan banyak energi agar investasi kita terus bertumbuh. Begitu pula saat kita mendidik anak. Kita harus rela berlelah-lelah dan mengeluarkan banyak energi saat mendidik mereka.
Kita perlu memilih manajer investasi atau orang-orang yang kompeten untuk menangani bisnis kita. Dalam mendidik anak, kita juga perlu mencarikan mentor, guru, pendamping, dan sparing partner yang tepat. Kita perlu membantu anak mencarikan komunitas dan teman-teman yang positif agar ia tumbuh di lingkungan yang benar.
Investasi dan anak perlu dikelola sama baiknya. Berbagai pengeluaran dan biaya bagi anak bukanlah beban yang memberatkan. Ia akan berbuah dan menghasilkan dikemudian hari. Tentunya buah yang nikmat itu bisa kita nikmati walau kita sudah terbujur kaku di dalam bumi. Dan buah itu adalah anak-anak yang sholeh/sholehah penebar manfaat dan penghasil banyak prestasi dan karya.
Anak adalah investasi terbaik mengalahkan instrumen investasi lain yang paling menguntungkan sekalipun. Setuju?
Salam SuksesMulia!

Jamil Azzaini | Trainer SuksesMulia | Twitter: @JamilAzzaini | Sumber www.jamilazzaini.com
Powered by Blogger.
close