Makanan Cerdas : Manfaat Buah Nanas


Oleh : Ana Noorina

Buah nanas (Ananas comosus (L.) Merr.) merupakan tanaman buah yang berasal dari Brasil. Di Indonesia, nanas biasanya ditanam di perkebunan dan untuk diambil buahnya. Subang merupakan daerah penghasil nanas terbesar di Indonesia. Buah nanas selain di makan secara langsung, bisa juga diawetkan dengan cara direbus dan diberi gula, dibuat selai, atau dibuat sirup.

Selain bermanfaat sebagai makanan, buah nanas juga berkhasiat sebagai obat tradisional. Selain itu, kandungan vitamin seperti vitamin C dan mineralnya sangat baik untuk kesehatan. Khasiat buah nanas antara lain mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan, membantu mencernakan makanan di lambung, antiradang, peluruh kencing (diuretik), membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement), mengganggu pertumbuhan sel kanker, menghambat penggumpalan trombosit (agregasi platelet), dan mempunyai aktifitas fibrinolitik. Buah muda rasanya asam, berkhasiat memacu enzim pencernaan, antelmintik, diuretik, peluruh haid (emenagog), abortivum, peluruh dahak (mukolitik), dan pencahar.

Buah nanas bisa mencegah penyakit kanker. Ini karena, dalam buah nanas terdapat Vitamin A dan vitamin C yang mempunyai fungsi sebagai antioksidan. Maka sel kanker yang biasanya timbul dari radikal bebas bisa dilawan. Buah nanas membantu proses pencernaan dalam usus atau lambung. Hal itu didapatkan dari enzim bromelain pada buah nanas.

Bagi orang yang mempunyai kadar gula darah yang rendah, mengkonsumsi buah nanas bisa membantu menstabilkan kadar gula darah. Tapi di balik dari manfaat tersebut, kita juga harus memperhatikan kapan boleh mengkonsumsi buah nanas. Terutama pada saat awal kehamilan, sebab kandungan glukosa tinggi dan kadar alkohol pada nanas bisa beresiko mengganggu pertumbuhan janin. Sedangkan manfaat lain yang bisa menjadi informasi yang baik adalah untuk mengatasi asam urat.

Ana Noorina, Pemerhati gizi
Powered by Blogger.
close