Kencur




Oleh : Ana Noorina

Kencur adalah jenis rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan dan sering kali digunakan sebagai obat tradisional atau jamu. Manfaat kencur memang sangat banyak, dari dulu orang Indonesia sudah percaya bahwa kencur sangat baik untuk kesehatan dan menggunakannya sebagai bahan utama membuat jamu beras kencur. Dalam pembahasan kali ini akan diberikan beberapa manfaat dari kencur untuk kesehatan tubuh. Selain itu, di sini juga akan dijelaskan kandungan apa saja yang ada di dalam kencur dan bagaimana cara agar Anda bisa mendapatkan manfaat dari kencur ini.

Kandungan dalam rempah kencur ini bisa membantu mengeluarkan angin yang berlebih di dalam tubuh dan menyebabkan masuk angin. Untuk membuat jamu masuk angin dari kencur cukup mudah, yaitu satu ruas kencur diparut dan campur dengan garam serta beri sedikit air hangat. Air campuran garam dan kencur ini diminum setiap hari atau dua kali sehari sampai masuk angin bisa terobati

Kencur yang sudah diparut dan dicampur dengan air hangat juga bisa dijadikan sebagai obat batuk untuk anak-anak. Batuk pada anak harus segera diobati salah satunya yaitu dengan kencur. Air kencur ini bisa ditambahkan dengan sedikit garam lalu disaring agar tidak ada ampasnya dan diminumkan pada anak satu kali sehari sampai batuknya sembuh.

Rempah kencur ini juga bisa dijadikan sebagai obat sakit perut dan diare. Ada dua cara untuk mengobati sakit perut dan diare dengan menggunakan kencur. Cara yang pertama yaitu dengan mencampurkan kencur yang sudah dihaluskan dengan air hangat dua sendok dan beri garam sedikit. Saring ramuan ini dan airnya diminum 2 kali sehari. Cara yang kedua yaitu dengan menghaluskan kencur dan bawang merah kemudian bungkus dengan daun pisang dan dibakar sampai sedikit gosong. Oleskan ramuan ini pada perut untuk meredakan sakit perut dan diare.

Penulis: Ana Noorina, Pemerhati gizi
Foto: google
Powered by Blogger.
close