Orangtua Hebat



Oleh : Adi Sulistama

Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam membentuk kepribadian seorang anak. Pendidikan untuk anak tidak saja yang bersifat formal di sekolah, namun pendidikan dasar yang diberikan oleh orangtua adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter anak. Salah satu pendidikan dasar yang sangat penting dan harus diajarkan pada anak sejak dini yaitu pendidikan moral.

Semua pendidikan atau ajaran yang diberikan oleh orangtua sangat berguna untuk memotivasi anak sehingga tumbuh menjadi pribadi yang penuh rasa percaya diri. Maka dari itu orangtua harus memberikan ajaran dan arahan yang tepat sehingga anak akan tumbuh dengan akhlak mulia ketika tumbuh dewasa. Untuk menjadi orangtua yang hebat, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam mendidik anak. Dalam hal ini sebaiknya Anda lebih banyak memberikan contoh dengan perbuatan daripada ucapan atau teori.

Menjadi orangtua dan membesarkan anak-anak bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Selain itu, tidak ada sekolah khusus bagaimana menjadi seorang orangtua yang baik. Menjadi orangtua yang hebat dimasa depan tentu tidak datang begitu saja. Segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan matang. Orangtua bukan saja sebuah status, namun juga sebagai orangtua kita harus memahami peran masing-masing. Orangtua terdiri dari dua orang didalamnya yakni ayah dan ibu. Nah, dari masing-masing peranan ini masing-masing orangnya harus mengetahui dan dapat menjalankan perannya dengan sebaik mungkin agar sebuah keluarga yang harmonis akan dapat tercipta.

Lebih dari itu, semua orangtua harus memahami konsep diri dari orangtua, artinya para orangtua harus memahami akan dibawa kemana pola asuh yang akan diberikan kepada anak-anaknya. Adapun peranan paling penting orangtua dalam sebuah keluarga adalah mendorong tumbuh kembang anak dari audio visual dan motoriknya. Dan hal ini tidak hanya melibatkan ibu sebagai pelakunya, tetapi juga melibatkan peran ayah seperti memenuhi dan menunjang setiap nutrisi yang dibutuhkan anaknya yakni dengan mengupayakan tercukupinya nafkah dalam sebuah keluarga.

Tips Menjadi Orangtua Hebat

Orangtua Hebat Selalu Memiliki Waktu Luang untuk Keluarga
Orangtua yang hebat adalah mereka yang memiliki pribadi yang menyenangkan dan selalu mengingat akan pentingnya meluangkan waktu bersama dengan keluarga dan anak-anaknya.  Poin penting dalam hal ini adalah berbagi kebahagian bersama dengan keluarga dan memiliki waktu luang sedikitnya 1 waktu yang dihabiskan bersama seperti misalkan menyempatkan liburan keluarga atau berkumpul bersama ketika akhir pekan. Moment bersama ini bisa dimanfaatkan untuk lebih mendekatkan antara satu individu dengan individu lain sehingga tercipta kehangatan dan keharmonisan dalam sebuah keluarga.  

Orangtua Hebat Adalah Teladan yang Baik
Setiap orangtua tentunya menginginkan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab, penuh belas kasih, dapat dipercaya, baik serta bersahaja. Banyak orangtua yang masih bingung bagaimana menanamkan nilai-nilai moral yang baik untuk anaknya. Namun kunci paling penting mengajarkan anak mengenai pendidikan karakter dan memiliki moral adalah dengan menjadi orangtua yang berkarakter dan bermoral baik. Untuk itu, menjadi tauladan yang baik untuk anak bisa menjadi cara terbaik dalam menanamkan nilai-nilai moral.

Orangtua Hebat Tahu Kapan Harus Melepaskan
Dalam poin ini mungkin hal ini akan dipenuhi dengan suka duka. Namun bagian terpenting dalam peran sebagai orangtua adalah tidak menjadi tumpuan hidup anak. Dengan demikian, sebagai orangtua kita harus senantiasa dapat mendorong anak untuk dapat mulai melakukan segala sesuatunya sendiri. Orangtua perlu mengajarkan anak untuk mandiri yakni dengan membuat anak belajar mengambil keputusan sendiri, berpikir secara independen dan menyelesaikan masalahnya sendiri. Hal ini semata-mata juga untuk kebaikan anak kelak terutama ketika anak jauh dari anda dan ketika mereka dewasa nanti.

Adi Sulistama, Pemerhati pendidikan
Powered by Blogger.
close