Tingkatkan Nutrisi Otak dengan Minyak Ikan



Oleh: Arhie Lestari

Banyak faktor yang mempengaruhi kecerdasan otak anak diantaranya yaitu faktor lingkungan, genetik dan asupan nutrisi.

Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang dan kecerdasan otak anak, Anda harus mencukupi semua kebutuhan nutrisi dengan memberikan asupan makanan yang bergizi.

Salah satu sumber makanan yang mengandung nutrisi untuk menunjang kecerdasan otak anak yaitu minyak ikan. Seperti yang kita ketahui bahwa ikan adalah sumber makanan dengan kandungan asam lemak omega-3 yang berguna untuk kecerdasan otak anak.

Asam lemak omega-3 memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kecerdasan otak. Jenis ikan yang banyak mengandung omega-3 yaitu ikan tuna, ikan salmon dan ikan laut lainnya yang rendah merkuri.

Namun, terkadang Anda menghadapi kendala dimana anak tidak menyukai ikan. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan minyak ikan untuk anak.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada minyak ikan sangat bermanfaat sebagai nutrisi kecerdasan anak. DHA, vitamin A dan D yang terkandung didalam minyak ikan berguna untuk menjaga kesehatan mata, tulang dan kecerdasan otak.

Mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dalam jangka waktu yang cukup lama akan memberi dampak positif dalam menunjang kecerdasan anak.

Anak-anak yang mendapat asupan nutrisi seperti omega-3 dalam jumlah yang cukup akan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih baik. Kandungan omega-3 pada minyak ikan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Minyak ikan atau makanan yang mengandung omega-3 lainnya bisa Anda berikan dengan jumlah yang mencukupi ketika usia batita. Hal ini karena pada usia tersebut perkembangan otak anak berlangsung sangat pesat.

Minyak ikan juga ternyata bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Menurut sebuah studi membuktikan bahwa anak-anak yang mendapatkan asupan minyak ikan secara rutin memiliki sistem kekebalan tubuh dua kali lebih baik daripada anak yang tidak mengkonsumsi minyak ikan.

Kandungan DHA yang terdapat di dalam minyak ikan ternyata tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak saja, namun DHA juga berperan penting dalam menjaga kesehatan indera penglihatan pada anak.

Minyak ikan yang diberikan secara teratur akan bermanfaat untuk mempertajam penglihatan anak.
Anak-anak yang mendapat asupan minyak ikan memiliki fokus yang lebih baik. Selain itu, kandungan nutrisi minyak ikan dapat meningkatkan konsentrasi anak. Dalam hal ini tentunya nutrisi seperti DHA memiliki peranan yang sangat vital.||
Powered by Blogger.
close