Agar Anak Tak Kecanduan Gadget

Oleh : Prihatiningsih, S.Si.

Perkembangan teknologi yang teramat pesat memang tak mampu kita cegah. Ibu bisa melihat bagaimana anak-anak di bawah umur sudah memegang ponsel di tangan, entah apa yang akan mereka lihat melalui benda elektronik tersebut. Sebagai orang tua, ibu perlu memperhatikan dan memberikan batasan penggunaan ponsel pada sang buah hati. Bukan karena tidak sayang, ini semata-mata bertujuan agar si kecil tidak kecanduan dan terkena dampak negatif dari gawai itu sendiri.

Mungkin, ibu masih bingung bagaimana membatasi pemakaian ponsel pada si kecil. Nah, tips bijak mengatur penggunaan gadget berikut ini mungkin bisa ibu terapkan:

Berikan Jadwal Penggunaan Gadget
Pertama, ibu bisa membuat jadwal kapan si kecil boleh bermain gadget dan kapan ia tidak boleh menyentuh benda tipis tersebut. Saat sedang makan dan berkumpul bersama keluarga adalah waktu yang tepat untuk ibu tidak memberikan ponsel pada anak, sehingga ia bisa menghabiskan waktu sepenuhnya bersama keluarga.

Agar si kecil tidak merengek, ibu bisa mengalihkan perhatiannya dengan mengajaknya bermain bersama. Temani ia bermain, sehingga ia tidak merasa bosan. Ciptakan permainan yang seru dan menarik, seperti bermain puzzle atau membaca cerita. Sembari bermain, ibu juga bisa mengajaknya bicara seputar

Orang Tua Juga Perlu Melek Teknologi
Nyatanya, anak lebih paham teknologi daripada orang tuanya. Inilah mengapa ibu dan ayah harus turut mengikuti perkembangan teknologi terkini, alias melek teknologi. Ibu bisa mulai dari mencari tahu apa saja media sosial yang sedang digandrungi oleh anak-anak. Lalu, hal-hal apa saja yang sedang sering dicari oleh si kecil. Tak ketinggalan pula aplikasi yang paling sering diunduh.
 
Perilaku orang tua selalu menjadi cerminan utama yang akan ditiru oleh anak. Inilah mengapa ibu dan ayah perlu selalu bersikap bijak serta menjadi teladan yang baik untuk sang buah hati, termasuk saat menggunakan ponsel. Sebaiknya, hindari memegang gadget ketika ibu atau ayah sedang bersama anak, karena ini akan membuat mereka jadi kecanduan ponsel pada akhirnya.

Isi Waktu dengan Kegiatan Bebas Gadget Lainnya
Tips mengatur penggunaan gadget selanjutnya adalah membuat waktu bebas gadget untuk si kecil. Terlalu banyak menghabiskan waktu dengan berjibaku dengan gadget akan membuat anak tidak tahu apa yang harus dilakukan jika benda kecil tersebut tidak berada dalam genggaman. Oleh karena itu, cobalah jauhkan si kecil dari ketergantungan gawai dengan mengajaknya melakukan aktivitas lainnya.

Ajaklah anak untuk mengunjungi toko buku dan membaca buku favorit mereka. Ibu juga bisa mengikutsertakan anak dalam berbagai klub yang ia sukai, seperti misalnya sepakbola, basket, atau musik. Jangan lupa, ajari juga si kecil untuk bersosialisasi dengan tetangga atau teman-temannya.


Beritahukan Bahaya Kecanduan Gadget pada Anak
Tak hanya asal memberikan ponsel untuk anak dengan alasan untuk memudahkan komunikasi, ibu dan ayah pun membekali anak tentang bahaya penggunaan gadget secara berlebihan. Selain menjadikan mereka kecanduan, terlalu lama bermain gawai atau benda elektronik lainnya bisa membahayakan kesehatan mata. Terlebih jika anak memainkannya sembari tiduran.

Selain itu, beritahukan juga pada si kecil bahwa gawai akan membuat ia menjadi pribadi antisosial nantinya. Anak tidak akan suka bersosialisasi karena perhatiannya selalu terfokus pada layar di hadapannya. Ini tentu saja tak baik untuk pertumbuhan dan perkembangannya.


Itu tadi beberapa tips bijak mengatur penggunaan gadget pada anak yang bisa ibu coba.

Penulis : Prihatiningsih, S.Si. Guru SDIT Hidayatullah Yogyakarta
Powered by Blogger.
close