Para Pencinta Al Qur’an




Siapa di antara kita yang tidak mencintai Al Qur’an? Tentu tidak ada di antara kita yang tidak mencintai kitab suci umat Islam ini. Namun jika kita ditanya, dengan cara apa kita mencintai Al Qur’an, mungkin banyak di antara kita yang kebingungan. Ada banyak kisah yang menggambarkan betapa para sahabat Nabi begitu mencintai Al Quran. Rasa cinta mereka tak dapat ditandingi oleh siapa pun. Al Qur’an bagi mereka sudah mendarah daging. Sehari saja tidak membacanya, seperti ada kerugian yang begitu besar.

Aisyah meriwayatkan, "Abu Bakar (ayahnya) adalah seorang lelaki yang mudah menangis. Beliau tidak mampu menahan air mata ketika membaca Al Qur’an" (HR. Bukhari).

Umar bin Khatthab juga demikian. Dari 'Abdullah bin Syaddad bin Had mengatakan, "Aku pernah mendengar Umar membaca surah Yusuf dalam shalat Subuh dan aku mendengar isakannya. Aku berada di akhir shaf. (Isakannya saat) beliau sedang membaca (QS Yusuf [12]:86): "Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku."

Nafi pernah menceritakan Ibnu Umar, "Tidaklah Ibnu Umar membaca dua ayat ini dari akhir surah al-Baqarah kecuali pasti menangis. ‘Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikan. Niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu. Maka, Allah mengampuni siapa yang dikehendaki-Nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.’ Setelah membacanya, Ibnu Umar mengatakan, ‘perhitungan ini sungguh menyesakkan.’"

Kisah-kisah di atas membuktikan bahwa Rasulullah telah berhasil membimbing mereka menjadi generasi Qur’ani, yang mana hidup mereka dinaungi Al Qur’an. Sayyid Qutb mengatakan bahwa generasi sahabat Rasulullah merupakan generasi yang paling istimewa dalam sejarah Islam dan sejarah kemanusiaan seluruhnya. Mereka tidak saja menghafal dan menadaburinya, tetapi juga mengamalkannya.

Semoga kita bisa meneladani generasi sahabat ini dalam mencintai dan menadaburi Alquran. Amin.

Redaksi
Powered by Blogger.
close