Beryukurlah, Jangan Berlaku Ghurur

Oleh :
Mohammad Fauzil Adhim

Maka memuji Allah ﷻ atas nikmat makanan dan minuman, sungguh haruslah benar-benar sebagai ungkapan syukur kita. Betapa banyak yang lisannya mengucap hamdalah, tetapi hatinya mengingkari dan perkataan lainnya membantah, “Ya…, alhamdulillah, daripada tidak ada.”

Atau perkataan yang lebih terang lagi, “Ya sudah, disyukuri saja. Adanya begini, bagaimana lagi. Daripada lapar, ya sudah disyukuri saja.”

Ini bukanlah ungkapan syukur. Bahkan ia merupakan pengingkaran nikmat. Syukur tidak, ridha pun enggak.

Mari sejenak kita mengingat sabda Nabi Muhammad ﷺ:

إنَّ اللَّهَ لَيَرْضَى عَنِ العَبْدِ أَنْ يَأْكُلَ الأكْلَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا، أَوْ يَشْرَبَ الشَّرْبَةَ فَيَحْمَدَهُ عَلَيْهَا

"Sesungguhnya Allah ridha terhadap hamba yang bertahmid (memuji, bersyukur) kepada-Nya setelah menyantap makanan atau meneguk minuman, atas makanan atau minuman yang diberikan kepadanya." (HR. Muslim).

Tidak ada imbalan yang lebih besar, dan tidak ada pertambahan nikmat yang lebih agung, melebihi nikmat berupa ridha Allah ‘Azza wa Jalla. Inilah nikmat terbesar bagi seorang mukmin yang ia ingin matinya dalam keadaan tenang jiwanya (nafsul muthmainnah) dan ia diseru malaikat dengan sebutan saat dipersilakan kembali menghadap-Nya. Ia ridha kepada Allah dan Allah ﷻ ridha kepadanya.

Betapa banyak orang yang merasa bersyukur, tetapi ia bukan sedang menuju Allah. Ia melakukan perbuatan-perbuatan yang dikenali sebagai ungkapan syukur, tetapi yang ia kejar bukanlah ridha Allah Ta’ala kepadanya, melainkan bertambahnya dunia di genggamannya. Ia menghafalkan teknik-teknik, pola-pola yang seakan menuju Allah Ta’ala.

Tidak. Ia sedang mengelabui dirinya sendiri. Ia mengajarkan, “Katakan pada diri Anda sendiri ‘Aku bersyukur kepada Allah atas segala nikmat-Nya’ maka Anda akan nikmat yang sudah miliki sekarang, akan bertambah. Jika sekarang Anda memiliki satu mobil, maka semakin sering Anda memperbesar rasa syukur, mobil Anda akan bertambah.”

Ini bukanlah syukur. Ini ghurur.

Mohammad Fauzil Adhim, Penulis Buku-buku Parenting.
Powered by Blogger.
close