Ulama Fiqih Asal Lasem

Oleh : Abu Alifah Muhana

Rentang waktu 1313 - 1365 H atau 1895 - 1946 H terdapati seorang Ulama di bumi nusantara, Beliau Alloohuyarham; Abdul Muhaimin bin Abdul Aziz bin Baidhawi bin Abdullathif Lasem Al Jawiy Al Makkiy.

Beliau berangkat menunaikan ibadah haji sekaligus menuntut ilmu di tahun 1340 H/ 1922 M, belajar kepada para Ulama Mekah; Syaikh Umar Bajunaid, Syaikh Muhammad Sa'id Yamaniy, Syaikh Ahmad Nahrawiy Banyumas, Syaikh Muhammad Ali Al Malikiy, Syaikh Umar bin Hamdan serta bermulazamah pada Syaikh Muhammad Baqir Al Jugjawiy hingga beliau wafat.

Beliau pada tahun 1356 H / 1937 diamanahkan sebagai Kepala Madrasah Daar Al Ulum Ad Diniyah di kota Mekah yang merupakan madrasahnya para penuntut ilmu dari bumi nusantara, Indonesia.

Syaikh Abdul Muhaimin Lasem rahimahullah adalah seorang alim dan 'allamah yang diakui kepakarannya di bidang fiqh, khususnya fiqh mazhab syafi'iy. 

Akhirnya beliau wafat di tahun 11 Dzulhijjah 1365 H / 5 November 1946 M dan dimakamkan di pemakaman Ma'lah, Mekah, Arab Saudi.

Adapun penisbatan kata Lasem pada namanya adalah beliau dilahirkan di Kota Lasem, kota kecil pelabuhan pinggir pantai utara di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Kota yang juga memiliki julukan "Tiongkok Kecil" di mana sejak tahun 1751 M ditetapkan sebagai Kota Kecamatan hingga saat ini.

Lasem, kota yang sejak dulu hingga kini selalu tumbuh silih berganti melahirkan para penuntut ilmu dan ulama-ulama. Walloohu a'lam

Catatan sederhana pencinta Ulama & Sejarah,
Penulis : Abu Alifah Muhana.

Sumber:
1. Buku: "100 Ulama Nusantara di Tanah Suci", Karya: Maulana La Eda, Juni 2020, Solo, Penerbit Aqwam.

2. Buku: "LASEM, Kota Tua Bernuansa Cina di Jawa Tengah, Karya: Handinoto, 2015, Yogyakarta, Penerbit Ombak Dua
Powered by Blogger.
close