Surat Ustadz Rohmanto Kepada Seluruh Pendidik


Alhamdulillah wash shalatu wassalam 'ala Rasulillah wa ala Alihi washahbihi waman waalah..

Menanamkan adab pada seorang pemuda itu tidak semudah ngeprint kertas, tinggal pencet dan hasilnya sama. Demikian karena manusia itu bukan benda mati, yang sama satu dengan yang lainnya. 

Manusia adalah manusia, makhluk unik ciptaaan Allah Yang Maha Kuasa. Makhluk yang dicipta berbeda, bukan hanya dari makhluk lain tapi bahkan berbeda antara sesama manusia itu sendiri. Sehingga perlu cara unik dan penuh kesabaran dalam 'membentuk' adab dan perilakunya. 

Seperti yang disampaikan Syaikhuna Labib, bahwa tidak ada metode pendidikan yang paling ideal untuk setiap orang. Masing-masing perlu metode dan cara sendiri-sendiri. Karena sekali lagi, antara satu orang dengan yang lainnya itu berbeda cara penanganannya. 

Kepada seluruh guru dan ustadz di pesantren dan lembaga Islam apapun saya sampaikan, "Bersabarlah dalam mendidik para santri dan siswamu, dan ingatlah hidayah hanya milik Allah Rabbmu. Kewajiban kita hanya mengenalkan kebenaran, dan mengarahkan mereka untuk menjadi baik. Tentang hasil pasrahkan pada Allah."

Dulurmu Jogja, Rohmanto
Pengajar dari tahun 1997-2000 kemudian lanjut tahun 2004-2022 dan semoga sampai akhir hayat.
Powered by Blogger.
close