Yahudi Israel Ternyata Ketakutan ketika Melihat Bendera Palestina


Sebuah survei yang dilakukan oleh Amnesty International mengungkapkan bahwa sebagian besar pemukim Yahudi ‘Israel’ takut melihat bendera Palestina, Quds Press melaporkan.

Menurut Direktur Program Amnesty International, Yariv Mohar, tidak ada “jawaban sederhana” jika ada orang-orang ‘Israel’ ditanya tentang bendera Palestina.

Survei oleh kelompok HAM itu menunjukkan bahwa separuh dari warga Palestina meyakini bahwa mengibarkan bendera Palestina adalah bagian dari identitas nasional mereka.

Sementara, 35 persen warga Palestina mengatakan bahwa pengibaran bendera adalah protes terhadap diskriminasi di bawah entitas pendudukan zionis.

Sedangkan, di sisi lain, sekitar 52 persen pemukim Yahudi di ‘Israel’ meyakini bahwa mengibarkan bendera Palestina melambangkan ketidakpengakuan terhadap ‘Israel’. Sementara 14,5 persen meyakini bahwa pengibaran bendera melambangkan dukungan pada perlawanan terhadap entitas zionis.

Survei juga menemukan bahwa 95,3 persen pemukim Yahudi percaya bahwa mengibarkan bendera ‘Israel’ adalah ekspresi identitas nasional mereka; 55,6 persen orang Palestina berpikiran sama tentang pemukim Yahudi ‘Israel’ yang mengibarkan bendera nasional.

Lebih dari 30 persen responden Palestina percaya bahwa mengibarkan bendera ‘Israel’ berarti mengabaikan negara Palestina dan haknya untuk hidup, dengan 45 persen menghubungkan bendera ‘Israel’ dengan “tujuan dan niat negatif”.

Sementara 72,3 persen pemukim Yahudi ‘Israel’ melihat bendera Palestina sebagai ancaman bagi orang Yahudi, hanya 18,5 persen orang Palestina di ‘Israel’ yang percaya bahwa mengibarkan bendera Palestina adalah ancaman bagi pemukim Yahudi.*

Rep: Nashirul Haq
Editor: Bambang S
Sumber : www.hidayatullah.com

Powered by Blogger.
close