Ancaman Resesi Global 2023, Luhut Ingatkan Datangnya Badai Besar!


Dikutip dari situs Hidayatullah.com–Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, kembali mewanti-wanti ancaman resesi global 2023 yang akan pengaruhi ekonomi Indonesia. Luhut meminta semua pihak bersiap-siap yang menghadapi ‘badai besar’ tersebut, terutama imbas kenaikan harga.

“Sekali lagi saya imbau rapatkan barisan kita untuk hadapi perfect storm yang sekarang ini sudah mulai terlihat,” kata Luhut saat peluncuran Command Center Pemantauan dan Pengawasan Terintegrasi di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Rabu (28/9/2022).

Dia menjelaskan tanda-tanda yang terlihat dari rencana The Fed yang diprediksi akan menaikkan suku bunga acuan sampai akhir tahun mencapai 4,75%. Dimana Indonesia dipastikan akan terkena imbasnya.

Meski begitu menurut luhut ekonomi Indonesia masih menjadi salah satu yang terbaik saat ini. Begitu juga inflasi pangan menurutnya juga masih terkendali.

“Masalah pangan tadi saya dilaporkan di mobil inflasi pangan terkendali, tapi core inflasi kita sudah baik. jadi inflasi sampai akhir bulan depan atau bulan ini mungkin sudah mendekati 5% sekian,” katanya.

Sehingga ketahanan rumah tangga dan desa harus dipersiapkan, terutama untuk kebutuhan pangan masyarakat. “Ini masalah dunia kalau ada kenaikan sana sini, makanya ketahanan rumah tangga ketahanan desa harus dijaga. apa itu misalnya cabe, telur, sehingga itu bisa diselesaikan di desa. kalau ini bisa diselesaikan haqul yakin kita gak akan banyak masalah seperti negara lain,” kata Luhut.

Luhut mencontohkan beberapa negara yang tengah mengalami kesulitan pangan seperti di London Inggris. Dimana banyak pasar yang tidak mendapat suplai produk makanan.*

“Market-market di London banyak yang kosong jadi kenapa mereka gak impor china. trus selama ini produksi dari China mereka juga belum siap. jadi global issue harus kita waspadai dan kita bersyukur dan belum melihat ada tanda-tanda ini,” kata Luhut.

Rep: Fida A.

Powered by Blogger.
close