Kasus Eko Kuntadhi Hina Istri Kiai NU Trending Topic


Kasus penghinaan terhadap istri Kiai NU Lirboyo yang diduga dilakukan oleh Eko Kuntadhi terus menggelinding. Kasus ini pun menjadi trending topik di media sosial pantauan hidayatullah.com pada Rabu (14/09/2022) sekitar pukul 13.16 WIB.

Berdasarkan pengamatan media ini, pihak Nadhlatul Ulama (NU) tampak gusar dan marah terhadap Eko Kuntadhi.

PWNU Jawa Timur, misalnya, yang tidak terima hinaan pegiat media sosial Eko Kuntadhi kepada Ustadzah Imaz Fatimatuz Zahra (Ning Imaz) dari Pondok Pesantren Lirboyo.

PWNU Jatim, diwarta media, mengecam tindakan yang dilakukan Ketua Umum Kornas Ganjarist itu dan meminta akun twitter Eko dicabut.

“Bapak @ganjarpranowo
Ini lho bocahe panjenengan, Ketua Ganjarist si
@_ekokuntadhi sudah kelewat batas kurang ajar! Narasinya menyerang tokoh NU; Ning Imaz Fatimatuz Zahra, putri KH Kholiq Ridlwan Lirboyo. Sudah saatnya orang seperti ini dikeluarkan dari barisan panjenengan,” tulis @PACAnsorGamping di Twitter.

Ketua PBNU Ahmad Fahrur Rozi (Gus Fahrur) menyayangkan penghinaan terhadap Ning Imaz tersebut.

Kepada media, Gus Fahrur mengatakan, tidak selayaknya pegiat medsos mengumbar caci maki di ruang publik.

Sementara itu, Eko Kuntadhi diwartakan telah menyampaikan permintaan maaf kepada Ning Imaz.

Meski demikian, Ning Imaz mengatakan bahwa permintaan maaf bukan disampaikan kepadanya, melainkan kepada Ibnu Katsir.

“Minta maafnya jangan ke saya. ke imam ibnu katsir, ke umat se indonesia yg sakit hati agamanya dihina2,” tulis Ning Imaz melalui twitternya, @ImazzFat, Rabu (14/09/2022) pantauan Hidayatullah.com.

Ning Imaz juga menyatakan, secara personal unggahan Eko Kuntadhi memang merendahkan Ning Imaz tapi bukan itu poinnya.

“Siapapun harus belajar untuk tidak mengomentari sesuatu yg bukan ranahnya. Diskusi keilmuan dibalas dgn diskusi keilmuan dgn Kritik konstruktif dan pakai etika,” ujarnya.

Banyak dukungan diberikan kepada Ning Imaz.

Misalnya, @Yoppy02305633 mengomentari unggahan Ning Imaz tersebut.

“👍👍👍👍👍 semoga konsisten … Setuju ini bukan hanya penghinaan bagi pribadi saja tapi terhadap risalah ajaran islam yg ustazdah sampaikan,” tulisnya.

Warganet juga mendesak Eko Kuntadhi diproses hukum.

“Kalao msh bebas dan dimaafkan begitu saja sudah psti akan mengulangi hal yg sama. Ksh pelajaran berharga bawa ke ranah hukum. Ini pertangung jawaban nya dunia akherat,” tulis @iam_ayek.

“Sekali lagi saya katakan Allah SWT Maha Adil, Allah akan membalas tipu daya orang orang yg menghina Islam dengan caraNya.
akan datang masa dimana Eko Kuntadhi Dennsi Abu Janda mendapatkan balasan atas perbuatan mereka. apakah dibalas oleh kelompok mereka sendiri atau yg lain,” tulis @YokoSetyoso.

Sebelumnya, Buzzer politik Eko Kuntadhi didesak untuk meminta maaf usai menyebarkan video yang menghina anggota keluarga pondok pesantren Lirboyo Ning Imaz Fatimatuz Zahra. Eko Kuntadhi menghina Ning Imaz dalam video unggahannya dengan menyebut tolol.

Eko Kuntadhi awalnya mengunggah sebuah video melalui akun Twitter-nya @_ekokuntadhi, berisi sebuah editan potongan ceramah dari istri Gus Rifqil Muslim, Ning Imaz Fatimatuz Zahra, salah satu pengurus Ponpes NU Lirboyo.

Dalam video yang telah diedit itu, Ning Imaz mengungkap bahwa kenikmatan tertinggi dari seorang lelaki adalah perempuan.

“Makanya hadiahnya di surga nanti adalah bidadari, tapi kalau perempuan tidak, perempuan kenikmatan bukan laki-laki, makanya tidak ada bidadara,” ucapnya dalam potongan video tersebut.

Ning Imaz melanjutkan bahwa perempuan itu adalah perhiasan, makanya nanti disurga perempuan akan diberikan perhiasan.

“Itu makanya nanti yang diberikan di surga bagi pria adalah bidadari dan perempuan adalah perhiasan yang indah,” ucapnya.

Dalam video unggahan Eko Kuntadhi, Eko tertera caption bernada negatif seperti, “Tolol tingkat kadal, hidup kok cuma mimpi selangkangan”.

Eko Kuntadhi juga menuliskan dalam twitnya, “Jadi bidadari itu bukan perempuan” tanyanya, dikutip Selasa, 13 September 2022.

Pantauan Hidayatullah.com, Selasa (13/09/2022) sore, Eko Kuntadhi sendiri telah menghapus unggahannya yang menghina Ning Imaz tersebut.

NU Online dalam ciutannya di Twitter menyebut bahwa Ning Imaz adalah ustadzah muda yg menjadi pengasuh PP Putri Al-Ihsan Lirboyo. Ia memanfaatkan medsos untuk berdakwah. Di YouTube NU Online, ia merupakan pengisi tetap. Putri KH Khaliq Ridwan ini juga seorang hafidzoh & ahli fiqih. Sanad keilmuannya tampak jelas dalam nasabnya.*

Rep: Muhammad Abdus Syakur, Editor: Bambang S
Sumber : www.hidayatullah.com

Powered by Blogger.
close