Sindiran Luhut untuk Pendemo : "Banyak berasal dari orang yang tidak jelas"


Dilansir dari detik.com, Menteri Koordinator Bidang kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengeluarkan sindiran kepada masyarakat Indonesia yang masih berdemo di kondisi seperti saat ini. Menurutnya, kegiatan itu banyak berasal dari orang yang tidak jelas.


"Kalau ada yang demo-demo itu, saya lihat-lihat ya yang demo ya banyak yang dari nggak jelas juga," kata Luhut dalam sambutannya di acara Focus Group Discussion (FGD) Investasi Kabel Bawah Laut di Indonesia, Rabu (7/9/2022).

Luhut tidak menjelaskan rinci demo apa yang dimaksud. Perkataan itu diucapkannya saat sedang menjelaskan pemulihan ekonomi yang diklaim berjalan cepat dan kuat.

"Saya lihat pemulihan kita masih 5,44% kuartal II-2022. Sekarang mungkin kita bisa dekat-dekat 6%, jadi sebenarnya we are doing ok. Tingkat pengangguran saya kira menurun," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu dia menyinggung bahwa orang yang berdemo terkadang tidak mengerti masalah sebenarnya. Luhut pun tampak heran jika ada pihak yang mengatakan Indonesia akan bangkrut.

"Orang yang nggak ngerti masalah ikut-ikut demo. Mau bangkrut, mau bangkrut darimana? Kita mana ada orang kelaparan? Kenapa? (karena) dana desa sudah Rp 476 triliun itu diberikan selama 7 tahun terakhir," jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga disinggung bahwa subsidi dan kompensasi energi yang sekarang Rp 502,4 triliun jika tidak hati-hati bisa bengkak menjadi Rp 600 triliun. Untuk itu, pemerintah menaikkan harga BBM agar penggunaan subsidi bisa ditekan dan digunakan untuk keperluan lain.

"Itu bisa kita kurangi mungkin Rp 100-200 triliun, kita gunakan yang lain," bebernya.

Meski begitu, Luhut tidak menampik bahwa subsidi tetap harus diberikan kepada masyarakat tidak mampu agar tepat sasaran. "Soal subsidi memang nggak ada pilihan, kita harus lakukan itu dan kalau itu kita lakukan saya kira akan membuat ekonomi Indonesia tambah kuat ke depan," tuturnya.


Powered by Blogger.
close