Diundang ke Acara Pengajian, Farel Pelantun ‘Ojo Dibandingke’ Ternyata Bukan Muslim


Dikutip dari Hidayatullah.com–Baru-baru ini beredar video yang viral di media sosial terkait Farel Prayoga, penyanyi “Ojo Dibandingke” di Istana Negara yang diundang ke acara pengajian. Dalam video tersebut, penceramah Gus Miftah menyuruh Farel Prayoga untuk mengaji di atas panggung.

Namun, Farel Prayoga mengaku kepada Miftah, bahwa dirinya tidak bisa mengaji. “Farel, kamu sudah ngaji belum le? Sudah juz berapa kamu ngaji?” tanya Miftah seperti dilihat oleh Hidayatullah.com dalam tayangan cuplikan video yang banyak beredar di media sosial, Senin (10/10/2022). 

Farel Prayoga pun menjawab bahwa dirinya tidak mengaji, “Mboten ngaji (nggak ngaji).”

Kemudian dari tayang video yang viral itu, Miftah langsung menasihati Farel Prayoga agar tidak lupa untuk mengaji selayaknya umat Islam lainnya. Mendengar nasihat itu, tampak wajah Farel terlihat bingung. 

Tak sampai situ saja, setelah Miftah menasehati Farel, ia juga mengingatkan Farel yang sudah terkenal dan sudah memiliki uang tapi harus mengaji.

“Kamu sekarang sudah terkenal, sudah mulai punya uang. Abah doakan besok kamu jadi artis top internasional, amin. Tetapi yo ngaji bro, mosok ora ngaji (tapi yang ngaji, masa nggak ngaji,” pungkas Miftah. 

Hal itu pun dijawab Farel namun dirinya seperti kebingungan untuk menjelaskannya, ” Piye le ngomongnya (Gimana Ngomongnya)?” ujar Farel. 

Tidak berselang lama, tampak dari video tersebut panitia memberikan secarik kertas yang bertuliskan tentang informasi soal Farel ke Miftah. Kertas terebut beirisikan informasi tentang Farel Prayoga bukan beragama Islam.

“‘Mohon izin Abah, info dari panitia, Mas Farel nonmuslim’. Oh kamu nonmuslim tah Le? Oh wis rapopo (Oh ya sudah tidak apa-apa). Mangkat neng gerejo (nggak apa-apa, berangkat ke gereja). Agamamu apa? Kristen, Katolik?” tutur Miftah sambil membacakan secarik kertas yang berisikan informasi dari panitia.

Ternyata Miftah tidak mengetahui agama Farel Prayoga, sebelum secarik kertas informasi dari panitia dibaca olehnya.

Kemudian setelah Miftah berkomentar dan bertanya agama Farel, pelantun Ojo Dibandingke itu pun menjawab pertanyaan Miftah tersebut. 

“Nggak tahu, nggak lah, privasi,” jawab Farel ketika ditanya Miftah apa agamanya. 

Selanjutnya, Miftah pun berpesan pada Farel Prayoga agar beribadah sesuai dengan kepercayaan yang diyakininya.

“Pokoknya apa pun agamamu, yang penting beribadah sesuai kepercayaanmu. Jadi kalau kamu Kristen ya berangkat ke gereja, kalau kamu Budha ya berangkat ke vihara. Karena Indonesia semua agama dilindungi oleh negara. Tepuk tangan untuk toleransi,” kata Miftah.

Dalam acara itu, Farel juga diketahui sempat melantunkan sholawat.

Klarifikasi Gus Miftah

Miftah dalam klarifikasinya tegas membantah kalau ada yang menuding dirinya mengintervensi agama Farel Prayoga.

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, memang benar saya kemarin ada pengajian di Banyuwangi dengan bintang tamu Farel Prayoga. Atas dugaan saya intervensi agama Farel, Anda salah,” kata Miftah.

“Jadi karena acaranya pengajian, saya bertanya kepada Farel, ‘Farel kamu bisa ngaji apa nggak?'” sambungnya.

Miftah menekankan baru mendapat informasi dari panitia soal keyakinan Farel Prayoga. Mengetahui hal tersebut, Miftah langsung minta maaf.

“Ternyata setelah Farel nyanyi ada informasi dari panitia, bahwa Farel non Islam. Nah saya kaget, karena tahu non Islam, dan saya bertanya sebelumnya, ‘Apakah dia bisa ngaji atau tidak?’ makanya saya minta maaf, ‘Oh sorry ternyata kamu bukan Islam,'” jelasnya.*

Rep: Fida A.

Powered by Blogger.
close