Kongres Partai Komunis akan Bahas Arah China sebagai Negara Sosialis Modern Tahun 2049


Dikutip dari Hidayatullah.com—Kongres Partai Komunis China (CPC) yang akan berlangsung dari Ahad hingga 22 Oktober akan mendiskusikan arah pembangunan, sehingga membentuk China sebagai negara sosialis modern yang kuat. Reporter China Media Group (CMG) Zhang Hong mengatakan kongres ke-20 telah dimulai dengan laporan yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Komite Sentral CPC, yang juga Presiden China, Xi Jinping.

“Kongres ini memainkan peran penting dalam membahas arah pembangunan di Tiongkok. Partai Komunis Tiongkok yang baru telah berhasil menetapkan tujuan pengentasan kemiskinan dan menciptakan masyarakat yang makmur dan moderat,” kata Jinping.

“Saran selanjutnya adalah mengembangkan China sebagai negara sosialis modern yang kuat pada tahun 2049 yang juga merupakan peringatan 100 tahun berdirinya republik ini,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam laporan yang disampaikan Jinping, modernisasi Tiongkok akan memuat unsur-unsur umum dalam proses modernisasi semua negara, namun akan menonjolkan keunikannya sendiri berdasarkan keadaan dan situasi negara tersebut. “Modernisasi China melibatkan operasi besar kemakmuran bersama dan kemajuan yang seimbang dalam hal material dan spiritual, simbiosis manusia dan alam dan komitmen pada jalan pembangunan damai.”

“China akan terus mempromosikan keterbukaan yang saling menguntungkan, memberikan peluang baru kepada dunia untuk membawa manfaat bagi semua,” ujarnya. “China juga telah mengedepankan inisiatif pembangunan global dan inisiatif keamanan global, menyerukan seluruh dunia untuk bergandengan tangan menghadapi tantangan global,” tambah dia.

Kongres Nasional Partai Komunis China (CPC) ke-20 dibuka di dekat Beijing pada hari Ahad. Lebih dari 2.200 perwakilan dari seluruh negeri yang membawa kepercayaan dan mandat yang diberikan oleh 96 juta anggota PKC akan menghadiri kongres tersebut.

Sekretaris Jenderal Komite Sentral CPC, Xi Jinping menyampaikan laporan dalam upacara pelantikannya untuk merangkum upaya yang dilakukan partai dalam lima tahun terakhir.*

Rep: Ahmad

Powered by Blogger.
close