Mayoritas Warga Jakarta Puas Kinerja Anies Baswedan


Dikutip dari Hidayatullah.com—Akhir kerja mantan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Anies Baswedan-Ahmad Riza Patria ditandai dengan kesan indah. Wayoritas warga DKI Jakarta menunjukkan kepuasan terhadap kinerja Anies Baswedan saat menjabat sebagai gubernur.

Sebuah survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan, sebanyak 80,9 responden puas dengan kinerja Anies. “Penilaian positif juga diberikan kepada Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria. (Sebanyak) 61,7 persen warga DKI (responden) menyatakan puas atas kinerjanya (Riza),” tutur Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan melalui akun YouTube LSI, Jumat (21/10/2022).

Survei yang diikuti 610 warga negara Indonesia (WNI) di Jakarta pada 8-14 Oktober 2022 ini menyatakan sangat puas dengan kinerja Anies mencapai 16,7 persen. Sedangkan yang menyatakan cukup puas 64,2 persen.

Menurut Djayadi Hanan, di antara sekian banyak program unggulan Anies, LSI menemukan kebijakan enam jenis kartu kesejahteraan menjadi yang terpopuler di kalangan warga DKI Jakarta. Program enam jenis kartu tersebut, berdasarkan hasil survei, menyentuh angka 89% paling populer.

“Program yang paling populer di kalangan warga DKI Jakarta adalah program enam jenis kartu kesejahteraan (89%), kemudian pembangunan Jakarta International Stadium (77%) dan disusul lomba balap Formula E (68%),” terang Djayadi, Sabtu (22/10/2022).

Sementara survei Lembaga Populi Center terkait kinerja Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria menunjukkan 83,5 % publik puas dengan kinerja mereka. Survei tersebut terkait dinamika kepemimpinan dan pembangunan di DKI Jakarta.

Responden yang mengaku kurang puas sebesar 16,8% dan yang menyatakan tidak puas sama sekali sebesar 0,9%.Tak hanya Anies, LSI juga mengukur tingkat kepuasan kinerja Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur.

Survei dilakukan pada 9-16 Oktober 2022. Dari 27 progam Pemprov DKI Jakarta, 15 di antaranya dinilai baik atau positif oleh publik Jakarta.

Analis politik Ujang Komarudin mengatakan tidak mengherankan hasilnya seperti itu. Dia menilai, itu sesuai dengan kondisi yang terjadi di lapangan.

“Kalau saya melihat dari survei Populi, tentu warga Jakarta patut bangga atau puas dengan apa yang telah dilakukan Anies Baswedan. Dan memang faktanya seperti itu. Apalagi di luar itu, banyak prestasi yang telah didapatkan melalui penghargaan-penghargaan yang riil, yang diraih Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Anies, baik nasional maupun internasional,” kata Ujang dikutip laman Viva, Kamis 20 Oktober 2022.

Berbagai program yang disurvei seperti Transportasi Umum yang Terintegrasi di Jakarta, Jakarta Internasional Stadium (JIS) ,Tebet Eco Park, OK-OCE, Naturalisasi Sungai, Revitalisqsi Taman Ismail Marzuki, Kartu Kesejahteraan, Lomba Balap Formula E, dan Hunian DP 0 Rupiah. Semua program tersebut mendapat nilai yang positif atau baik dari responden.

Namun ada satu program yang mendapatkan respon negatif yaitu tentang program Hunian DP 0 Rupiah. Kurang dari 50 persen menilai positif. “Program ini diketahui 63 persen oleh masyarakat DKI, dan berbeda dari sebelumnya, penilaian positifnya kurang dari 50 persen. Sebanyak 47,5 persen yang menilai positif dan 41,3 persen yang menilai kurang positif,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam paparan survei, Jumat, 21 Oktober 2022.*

Rep: Ahmad, Editor: Insan Kamil

Powered by Blogger.
close