Singapura Tarik Dua Produk Mie yang Diproduksi dari Indonesia


Dikutip dari Hidayatullah.com— Dua produk Mie Sedaap dari Indonesia ditarik kembali oleh Badan Pangan Singapura (SFA) setelah ditengarai mengandung etilen oksida. Agensi menginformasikan bahwa pihaknya telah menginstruksikan Arklife Distributors Pte Ltd untuk menarik Mie Sedaap dalam rasa Soto dan rasa kari dari pasar.

Sebelumnya pada 6 Oktober lalu, SFA memerintahkan Sheng Sheng F&B Industries Pte Ltd untuk menarik dua produk Mie Sedaap lagi yang diberi rasa Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken. “Proses penarikan (dua produk tambahan Mie Sedaap) sedang berlangsung,” kata agensi itu dalam sebuah pernyataan, Sabtu, dikutip Astroawani.

SFA menginformasikan bahwa mereka sedang melanjutkan pengujian peraturan produk Mie Sedaap lainnya. “Kami juga bekerja sama dengan importir dan otoritas Indonesia untuk menyelidiki dan memperbaiki penyebab jika terjadi kontaminasi etilen oksida.

“Jika etilen oksida terdeteksi di atas level maksimum yang ditetapkan, SFA akan memulai proses penarikan produk yang terpengaruh,” menurut pernyataan itu.

Etilen oksida adalah pestisida yang tidak boleh digunakan dalam makanan. “Ini dapat digunakan untuk pengasapan produk pertanian untuk mencegah kontaminasi mikroba,” menurut badan tersebut.

Namun, di bawah Peraturan Makanan Singapura etilen oksida diperbolehkan dalam sterilisasi rempah-rempah. Batas Maksimum Residu (MRL) etilen oksida dalam bumbu tidak boleh melebihi 50mg/kg (50ppm).

Meskipun tidak ada risiko langsung dari mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi dengan etilen oksida tingkat rendah, paparan jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Oleh karena itu paparan zat ini harus diminimalkan, menurut SFA.*

Rep: Ahmad

Powered by Blogger.
close