Ade Armando: Kalau Umat Kristen Bersatu, Anies Baswedan Tak Menang jadi Presiden


Dikutip dari Hidayatullah.com—Buzzer politik Ade Armando mengatakan umat Kristen bisa mengalahkan Anies Baswedan jika umat Kristiani bersatu. Menurutnya, umat Kristen di Indonesia memang minoritas tapi mereka akan memegang peran menentukan apakah Anies akan menang dalam Pilpres 2024.

“Pertarungan memenangkan kursi presiden tahun itu akan kembali ketat seperti sehingga justru suara minoritas yang akan menjadi penentu kalau umat Kristen kompak Anies akan gagal kalua suara umat Kristen terbelah Anies akan melenggang jadi presiden,” kata Ade Armando dalam kanal Cokro TV, Kamis, (3/11/2022).

Dosen Universitas Indonesia (UI) melakukan kalkulasi, dia berasumsi Anies akan maju sampai dukungan yang diraihnya 100%. Kemungkinan, koalisi pendukung Anies, yakni PKS dan Demokrat akan berkeras siapa yang akan jadi cawapres pendamping Anies.

“PKS ngotot Wapres harus dari PKS kemungkinan besar yang diajukan adalah Ahmad Heriawan, sementara Demokrat juga akan ngotot mencalonkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai pendamping Anies,” ujarnya dalam video berdurasi 9:14 detik.

Meski demikian, perbedaan ini kemungkinan akan bisa diselesaikan dengan prinsip “wani piro”. “Pengalaman menunjukkan di Indonesia urusan begini sih tidak terlalu sulit untuk diselesaikan kalau uang maharnya,” tambah dia.

Alih-alih menganggap kemungkinan suara Anie makin akan naik, ia justru ikut menawarkan Ganjar Pranowo, yang tidak mendapat restu dari Partai Demokrasi Perjuangan (PDI-P). Sebagaimana diketahui, Ganjar selama ini banyak diajukan kelompok liberal, termasuk PSI.

“Siapa lawannya sejauh ini ada 4 nama yang sudah disebut-sebut dia adalah Ganjar Prano, Prabowo, Puan Maharani dan Airlangga Hartarto. Kalau yang akhirnya menjadi lawan Anies hanyalah Prabowo, Puan dan Airlangga, Anies hampir pasti menang,” ujarnya.

Seolah ingin menaikkan kebesaran Ganjar, ia menganggap Prabowo, Puan dan Airlangga bukan lawan sepadan menghadapi mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Ia juga memprediksi, pemilih muslim akan lebih kecenderungan memilih Anies daripada memilih Ganjar Pranowo. Namun jika umat Kristen lebih memilih Ganjar, hal ini akan memudahkan mengalahkan Anies Baswedan, ujarnya.

“Tapi ini bukannya tidak akan berubah, kalau secara perlahan semakin banyak orang Kristen yang berpaling ke Anies, maka yang akan menang nantinya sangat mungkin Anies, “ kata dia.

Menurut Ade Armando, pemilih Kristen Indonesia sekitar 10%. Jika jumlah ini tidak mendukung Anies, maka Anies tidak akan menang, tambah dia.

“Karena itulah saya katakan kekompakan suara pemilih Kristen akan menentukan. Begitu suara pemilih Kristen terbelah secara timpang, Anies akan bisa mengalahkan Ganjar,” tambahnya.*

Rep: Ahmad
Editor: Bambang S

Powered by Blogger.
close