Jadilah Gula yang Hadirnya Terasa Walau Wujudnya Sirna


GULA ITU SESUATU YANG MANIS, ketika gula ini sendirian, maka dia akan tampak bahwa itu adalah gula. Namun ketika si gula ini bercampur dengan kopi, teh, coklak, jahe, dan minuman-minuman lainnya maka gula ini tidak pernah tampak namun hadirnya gula bisa dirasakan ketika bercampur dengan bahan-bahan tersebut. Kopi dan coklat yang pahit, teh yang sepet akan berasa nikmat jika dicampur dengan gula.

Gula akan melebur hilang sama sekali kehadirannya bersama secangkir minuman kopi, dengan segelas minuman coklat, dengan seteko minuman teh, dengan semug minuman jahe, dan dengan minuman-minuman yang lainnya. Namun sungguh, walau gula ini dari segi fisiknya hilang sama sekali, namun dari segi hadirnya bisa dirasakan.

Begitu juga kita dalam kehidupan ini, tidak semua kita harus tampak di panggung, tidak semua harus terkenal di bumi, tidak semua kita harus dikenal dan dikenang banyak manusia. Namun kita juga bisa menjadi manusia yang ada di balik panggung, kita bisa menjadi manusia yang terkenal di bumi, kita bisa menjadi manusia yang banyak dikenal dan dikenang orang. 

Jadilah gula, yang tidak pernah tampak namun kehadirannya bisa dirasakan.

TMT
Powered by Blogger.
close