Presiden Taiwan dan Kabinetnya Sumbangkan Gaji Sebulan untuk Korban Gempa Turki


Dikutip dari Hidayatullah.com — Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dan anggota kabinetnya berjanji untuk menyumbangkan gaji satu bulan mereka kepada korban gempa Turki, lapor media setempat pada Kamis (09/02/2023).

Selain presiden, beberapa pejabat tinggi Taiwan seperti Wakil Presiden Lai Ching-te, Perdana Menteri Chen Chien-jen, dan Wakil Perdana Menteri Cheng Wen-tsan juga berjanji untuk melakukan hal yang serupa, menurut pernyataan kepresidenan yang diterbitkan oleh Kantor Berita Pusat.

Pemerintah Taiwan telah menyumbang $2 juta (Rp 30,2 M) untuk upaya bantuan dan mengirimkan dua tim penyelamat dengan total 130 anggota dan lima anjing penyelamat untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan yang sedang berlangsung di Türkiye selatan, yang telah dihancurkan oleh dua gempa kuat pada hari Senin.

Pemerintah juga menyiapkan rekening untuk korban gempa bumi Turki, dan sejauh ini masyarakat Taiwan telah menyumbangkan $343.206 (Rp 5,1 M), menurut kantor berita tersebut dilansir Anadolu.

Dua gempa kuat telah menyebabkan hampir 19.000 korban jiwa dan 63.000 luka-luka. Sedangkan 28.044 orang telah diselamatkan dari puing-puing bangunan yang runtuh, menurut statistik resmi terbaru yang dipublikasikan pada Kamis.

Gempa berkekuatan 7,7 dan 7,6, berpusat di provinsi Kahramanmaras, dirasakan oleh 13 juta orang di 10 provinsi, termasuk Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kilis, Malatya, Osmaniye, dan Sanliurfa.

Beberapa negara di kawasan itu, termasuk Suriah dan Lebanon, merasakan getaran kuat yang mengguncang Turki dalam waktu kurang dari 10 jam.*

Powered by Blogger.
close