Pelajar Diwajibkan Masuk Pukul 05.00 Wita, Netizen Minta Gubernur NTT, Pejabat Pemprov Masuk Jam 4 Subuh


Dikutip dari Hidayatullah.com—Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat menjadi hujatan publik setelah menerapkan kebijakan kontroversial agar pelajar SMU masuk pukul 05.00 Wita. Selain mengeluarkan aturan itu, Viktor juga mengeluarkan surat edaran (SE) yang mengimbau warganya agar jalan kaki, untuk menurunkan atau menekan angka inflasi.

Gara-gara peraturan nyeleneh ini, aku Dinas Pendidikan & Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur diserbu dengan hujatan netizen. Mayoritas warganet menilai, kebijakan yang dikeluarkan Gubernur NTT ini sangat mengada-ada.

Hujatan warganet dituangkan dalam unggahan video yang menampilkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas P dan K) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Linus Lusi, S.Pd.

Pengguna Intagram berinisial Baginda Cemeng mengatakan, sudah banyak penelitian tentang jam masuk sekolah yang ideal bagi murid di beberapa negara maju.Di antaranya jam masuk ideal adalah setengah 9 sampai jam 9 pagi.

“Izin memberi masukan untuk Bapak Gubernur NTT, udah banyak kok penelitian tentang jam masuk sekolah yang ideal bagi murid itu jam setengah 9 sampai jam 9 pagi banyak negara negara maju juga menerapkannya dan emang terbukti meningkatkan prestasi murid juga dan baik bagi kesahatan tubuh maupun pikiran,” demikian ujar di akun@delficmng.

Kebijakan masuk jam 5 pagi menurutnya akan semakin meningkatkan ketidak tertarikan siswa untuk sekolah, selain itu berbahaya bagi keamanannya. “Untuk jam 5 pagi akan sangat berbahaya bagi murid saat berangkat sekolah karna situasi yang gelap dan kurangnya sarana transportasi dan sepinya jalan. Kami mohon untuk meninjau kembali sistem masuk sekolah tersebut. Terima kasih🙏,” tambahnya.

Sementara warganet lain mengatakan, untuk menunjukkan kebijakan itu baik, seharusnya jajaran pejabat dan stag gubernur harus lebih awal masuk kantor. “Gubernur dan jajaran Pemprov harusnya masuk jam 4 Subuh supaya provinsinya maju, kan kata gub. ada cara try n fix it, coba aja dulu. Jgn cm nyuruh anak sekolah aja jam 5, gmn? Mau komen n mention di ig nya gub tapi dilimit jd disini aja yaa 😂,” demikian komentar pemilik akun @rhandy_ara.

“Lapor pak, UI, UGM,  ITB, kelas rata2 paling pagi jam 8 di LN malah banyak yg jam 9 ini ngapain anak2 masuk jam 5? Gubernur kepala dinas dan jajarannya masuk jam brp emang? 😮😮 “ tulis @donatbelut.

Sebagaimana diketahui, dalam potongan video yang viral Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat ingin agar aktivitas sekolah khusus bagi SMA dan SMK dimulai pukul 05.00 Wita. Hal ini, menurutnya, untuk meningkatkan etos kerja anak-anak SMA dan SMK.

Pernyataan ini disampaikan pada 23 Februari 2023, dalam pertemuan dengan sejumlah guru dan kepala sekolah SMA dan SMK di Kota Kupang lalu di Kota Kupang.

Viktor Bungtilu Laiskodat menginginkan agar dengan memulai sekolah pukul 05.00 Wita NTT bisa menciptakan para pelajar dan sekolah yang unggul. Bahkan Gubernur Laiskodat menginginkan satu atau dua sekolah dari daerah ini harus masuk 200 sekolah unggul nasional.

“Anak itu harus dibiasakan bangun pukul 04.00 WITA sehingga pukul 04.30 WITA sudah harus jalan ke sekolah sehingga pukul 05.00 WITA sudah harus di sekolah supaya apa, ikut etos kerja,” ujar Viktor dalam video berdurasi 1 menit 43 detik itu. “Jadi kita ubah ya, setuju tidak, para kepala sekolah?,” demikian ujarnya.*

Powered by Blogger.
close