Isi Kemerdekaan RI, Hidayatullah Cetak Calon Pemimpin yang Dekat dengan Allah



Dikutip dari Hidayatullah.com– Mengisi kemerdekaan Republik Indonesia, ormas Hidayatullah berkomitmen terus mencetak kader-kader bangsa yang akan memimpin negeri ini.

Calon pemimpin yang dicetak Hidayatullah, sebagaimana komitmen yang disampaikan Ketua Departemen Sumber Daya Insani (SDI) DPP Hidayatullah, Dr Arfan AU, adalah sosok yang dekat dengan dekat dengan Allah Subhanahu Wata’ala.

Sebab, sosok demikian diyakini mampu menjadi figur yang piawai mengurus, mengelola, dan memimpin bangsa Indonesia dengan baik.

Hal itu menjadi salah satu penekanan dalam rangkaian peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 ini.

Dalam amanatnya sebagai Pembina Upacara, Arfan menegaskan bahwa Hidayatullah ingin mencetak kader bangsa yang taat kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

“Kader bangsa yang ingin kita lahirkan adalah orang yang rajin beribadah kepada Allah Subhanahu Wata’ala; shalat jamaah dia jaga, shalat lailnya juga dia jaga,” tegas Arfan pada upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Kampus Induk Pondok Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Upacara itu digelar pada Kamis, 17 Agustus 2023 bertepatan 30 Muharram 1445 H di Lapangan Aglasra Ponpes Hidayatullah.

Kader bangsa yang dimaksud, tambah Arfan, adalah sosok yang yakin betul bahwa untuk memimpin negara ini, membutuhkan kedekatan kepada Allah Subhanahu Wata’ala. “Agar memberikan petunjuk dalam memimpin dan mengelola negeri yang tercinta ini,” imbuhnya.

Oleh karena itu, generasi bangsa harus dididik dengan Al-Qur’an.

“Karena dengan itu menjadi harapan kita bahwa kader pengurus bangsa yang kita hadirkan adalah orang-orang yang sudah tertarbiyah,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan, mengisi kemerdekaan Indonesia saat ini, dibutuhkan figur dan sosok orang yang mampu menyelamatkan bangsa dari ancaman keterpurukan.

“(Sosok) yang terus memperjuangkan Indonesia… sampai memberikan keadilan sosial bagi seluruh Indonesia,” ujarnya dengan penuh ketegasan.

Pada kesempatan itu, Arfan yang juga Ketua Panitia Silaturahim Nasional (Silatnas) Hidayatullah 2023, mendoakan para santri Hidayatullah agar kelak menjadi pemimpin dan pengelola NKRI.

Road to Silatnas Hidayatullah 2023

Upacara HUT RI di Ponpes Hidayatullah itu digelar berbeda dari biasanya. Tahun ini, upacara berlangsung lebih semarak karena tak hanya diikuti oleh stakeholder kependidikan dan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah (YPPH) Balikpapan.

Upacara tersebut kali ini juga diikuti oleh warga dan jamaah Hidayatullah Balikpapan dari luar Gunung Tembak. Antara lain dari Ma’had Tahfidzul Qur’an Ahlus Shuffah Gunung Binjai dan amil-amil BMH Perwakilan Kaltim.

Upacara tersebut digelar lebih meriah karena merupakan rangkaian dari Road to Silatnas Hidayatullah 2023.

Tampak hadir pula Pemimpin Umum Hidayatullah KH Abdurrahman Muhammad, serta para pembina dan pengurus YPPH Balikpapan.

Usai upacara, dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada sejumlah guru dan dosen oleh LPPH Gunung Tembak. Mereka para pendidik dan pengajar yang diapresiasi atas pengabdiannya selama ini di Gunung Tembak.

Acara selanjutnya penampilan kebudayaan dari mahasiswa PUZ (prodi Hukum Keluarga) STIS Hidayatullah. Disusul penampilan nasyid dari mahasiswa prodi Hukum Ekonomi Syariah. Lalu penampilan yel-yel dari Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang merupakan santri Sekolah Menengah Hidayatullah (SMH) Balikpapan. Sebagai penutup, santri SMH pilihan menampilkan atraksi kuda.

Upacara di Lapangan Aglasra tersebut dikhususkan bagi kaum lelaki. Sementara upacara khusus perempuan digelar pada tempat terpisah, yaitu di lapangan santri putri.

Rangkaian upacara di Lapangan Aglasra tersebut disiarkan langsung melalui Official Media Silatnas Hidayatullah Youtube Ummulqura Hidayatullah.

Silatnas Hidayatullah bertema “50 Tahun Bersama Umat Membangun NKRI yang Beradab” insya Allah digelar di Gunung Tembak selama tiga hari (23-26/11/2023) mendatang, diikuti 20.000 dai dan daiyah se-Indonesia.* (SKR/Media Silatnas Hidayatullah 2023/MCU)

Powered by Blogger.
close