Psikolog Unair Ini Berikan Tips Keluar dari Jerat ‘Toxic Relationship’



Dikutip dari Hidayatullah.com—Psikolog Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Ayu Kartika SPsi MPsi, mengungkap dampak akibat hubungan yang tidak sehat. Salah satu yang dimaksud adalah toxic relationship.

Menurut psikolog klinis ini, di antara efek akibat toxic relationship adalah gangguan sosial, ketidakmampuan emosional, bahkan perkembangan saraf terganggu. Oleh karena itu, ia menyarankan bagi seseorang yang berada dalam hubungan toxsic untuk berani keluar dari ikatan tersebut.

“Cari akar permasalahan yang menyebabkan kalian merasa mengalami hubungan tidak sehat, misalnya perasaan tidak dicintai, cemas, penolakan, dan lain-lain. Kemudian, jangan ragu untuk memutus lingkaran toxsic,” ujarnya dalam webinar Airlangga Safe Space, hari Ahad (27/8/2023).

Ayu mengaku bahwa tahap pemulihan pasca perpisahan merupakan momen yang menyakitkan. Sehingga tak heran, banyak orang memilih bertahan dalam hubungan tidak sehat.

Refleksi Diri

Menurut Ayu, penting bagi seseorang meluangkan waktu untuk menyadari bahwa proses tersebut tidak mudah. Selain itu, menilai kualitas hubungan sebelumnya dan mengenali kembali batasan personal.

“Jangan terburu-buru untuk bersikap reaktif, kita akui kalau tahap move on memang membutuhkan waktu. Dari sini, kita bisa menjadikannya sebagai pelajaran saat menjalin hubungan ke depan,” imbuh co-founder Seven Sense Learning Support Center sebagaimana dikutip laman Unair.

Refleksi diri, lanjutnya, juga dapat dilakukan dengan menerapkan teknik mindfulness. Selain itu, mengenali strategi coping yang sehat seperti olahraga, latihan relaksasi, validasi emosi, dan journaling. Proses ini dapat mempermudah seseorang pulih secara emosional.

Terakhir, definisikan kembali makna cinta yang ingin dibangun dalam relasi baru. Ayu berpesan kepada pasangan yang pernah terjebak dalam hubungan toxsic agar menyembuhkan diri terlebih dahulu. Dengan begitu, maka mencegahnya agar tidak menjadi pelaku dari lingkaran toxsic.

Sebagaimana diketahui, istilah toxic relationship terdengar tidak asing di telinga masyarakat Indonesia saat ini. Toxic relationship adalah suatu hubungan atau relasi yang tidak sehat sehingga menimbulkan perasaan negatif.

Beberapa karakteristik hubungan tidak sehat ini menurut Ayu dicirikan seperti memaksakan kehendak, suka berbohong, bersikap terlalu curiga, hingga merendahkan pasangan.

Selain itu, kata Ayu, hubungan terkategori toxsic juga melibatkan kekerasan baik secara fisik, emosional, seksual, finansial, atau penelantaran. Ia menyebut, keinginan untuk selalu bergantung (kodependensi) pada orang lain dan narsistik juga menjadi tanda seseorang menjalin hubungan tidak sehat.

“Jadi sebenarnya toxic relationship hanya istilah umum yang sering kita gunakan. Sebab ada banyak jenis hubungan tidak sehat dalam relationship spectrum,” kata Ayu.

Ia menjelaskan penyebab seseorang terjebak hubungan toxsic, yakni adanya siklus trauma. Kejadian di masa lampau yang tidak menyenangkan ternyata dapat mempengaruhi otak.

Sehingga saat dewasa, tuturnya, orang cenderung menjalin hubungan yang serupa dengan pengalaman hidupnya. “Sebagai ilustrasi, anak yang sering mendapatkan perlakuan kekerasan dari orang tua, maka ketika dewasa akan rentan terjebak dalam toxic relationship. Alasannya, karena mereka sudah familiar dengan situasi tersebut dan inilah yang dinamakan cycle of abuse,” terang Ayu.*

Powered by Blogger.
close