6 Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Obat Kadaluarsa, yang Dapat Menyebabkan Kerusakan Ginjal


Dikutip dari laman Hidayatullah.com—
Ketika badan terasa sakit, sebagian kita akan meminum obat pereda nyeri yang disimpan di lemari es atau tempat penyimpanan obat. Namun beberapa obat, termasuk obat batuk dan pilek, sudah melewati tanggal kedaluarsa sejak dua tahun lalu, apa bahayanya?

Melalui survei di Instagram dalam acara ‘Talking Point’, sebanyak 33 persen dari 708 responden mengaku mengonsumsi obat yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa. Sebanyak 19 persen lainnya juga mengaku tidak memeriksa tanggal kedaluwarsa saat meminum obat.

Program Talking Point Singapura belum lama ini menyelidiki kemanjuran dan keamanan obat-obatan yang telah melewati tanggal kedaluwarsa. Berikut enam hal yang harus Anda ketahui;

1. Berapa Lama Obat Disimpan

Beda obat, beda masa penyimpanan. Sedangkan untuk pil dan kapsul, “bisa paling singkat enam bulan” dan bisa “selama lima tahun”, menurut Priscilla Lim, kepala apoteker The Pharmacy Inc.

Untuk obat cair, rata-rata masa penyimpanannya adalah dua tahun, sedangkan obat mata dapat disimpan antara satu hingga dua tahun. Sebaliknya, obat-obatan yang dibuat khusus untuk “kebutuhan unik” pasien biasanya hanya dapat disimpan hingga enam bulan “karena terbuat dari bahan alami,” jelas Lim dikutip channelnewsasia.com.

Beberapa obat juga memiliki umur simpan yang lebih lama “karena senyawa kimianya lebih stabil”. Obat tersebut tidak mudah terkontaminasi bila terkena bahan kimia atau lingkungan lainnya.

Sebagai perbandingan, obat-obatan yang tidak dicampur secara kimia “dapat terurai lebih cepat”, tambah Lim.

Lama penyimpanan produk yang belum dibuka juga berbeda dengan produk yang sudah dibuka. Obat mata misalnya, bersih dari kuman asalkan belum dibuka.

“Setelah Anda membukanya, itu tidak lagi bebas kuman,” kata Lim. Produk tersebut biasanya harus dibuang dalam waktu 30 hari, sarannya.

2. Seberapa Efektif Obat-Obatan Kedaluwarsa?

Untuk mengetahui efektivitas obat kedaluwarsa, ‘Talking Point’ mengirimkan dua sampel ke laboratorium: Dua jenis obat penghilang rasa sakit, dua jenis antihistamin yang digunakan untuk mengobati alergi – dan sirup obat batuk.

Dari lima, yang semuanya sudah lebih dari setahun melewati tanggal kedaluwarsanya, empat di antaranya dipastikan masih efektif. Obat tersebut mempertahankan tingkat kemanjuran 90 persen. Sampel yang gagal, obat pereda nyeri dalam bentuk sirup, mencapai tingkat potensi 51 persen.

Agar dianggap efektif, produsen harus menetapkan tingkat kemanjuran di atas 90 persen.

Namun efektivitas obat kadaluarsa juga dapat dipengaruhi oleh cara penyimpanannya. Hal ini bahkan merupakan “penentu penting”, kata Lita Chew, yang mengepalai departemen farmasi di National Cancer Centre Singapore (NCCS).

3. Apakah Menyimpan Obat dalam Kulkas Membantu?

Menyimpan obat di lemari es adalah hal yang lumrah. Namun hal terbaik yang harus dilakukan adalah memeriksa label yang memberikan petunjuk bagaimana obat harus disimpan.

Ada obat yang dapat rusak jika diletakkan di tempat dingin dan perlu disimpan di tempat bersuhu antara 15 hingga 25 derajat Celcius.

Artinya, obat tersebut tidak boleh disimpan di dalam oven atau lemari es. Sebaliknya bisa disimpan di laci atau rak.

Namun, dalam cuaca terik di Singapura, hal ini sulit dilakukan, kata kepala apoteker Rumah Sakit Umum Singapura, Ong Kheng Yong.

“Kami sudah melakukan sedikit riset, dan suhu di rumah bisa mencapai antara 30 hingga 31 derajat Celcius,” ujarnya. “Dalam kondisi yang kurang sesuai, ada kemungkinan obat lebih cepat terurai.

“Hal ini semakin memperpendek umur simpannya, dan berarti obat tersebut tidak dapat bertahan sampai tanggal kedaluwarsanya.”

4. Apa Risiko Mengambil Obat yang Rusak?

Obat-obatan yang biasa disimpan di rumah antara lain obat batuk sirup, obat semprot hidung, krim antijamur dan steroid serta obat tetes mata.

Obat-obatan ini juga bisa terkontaminasi kuman.Talking Point mengirimkan tujuh sampel ke laboratorium berbeda untuk mengetahui seberapa aman makanan tersebut dikonsumsi.

Sampel telah dibuka selama lebih dari 30 hari, sebagian besar sudah lebih dari satu tahun melewati tanggal kedaluwarsa. Namun tes tersebut menemukan bahwa jumlah obat-obatan tersebut, termasuk kuman, masing-masing tidak lebih dari 10.

Hal ini menunjukkan obat tersebut tidak terkontaminasi kuman, meski ada dua sampel yang sudah melewati tanggal kadaluarsa pada tahun 2018 dan 2019. Pasalnya, “semua produk ini mengandung bahan pengawet”, kata Chew.

Hasil laboratorium

Meski begitu, ia tidak menganjurkan, misalnya menggunakan obat tetes mata yang sudah melewati tanggal kadaluarsa. Jika botol sering dibuka dan ditutup, “kemungkinan terkontaminasi sangat tinggi”.

“Kalau sudah terkontaminasi berat, bahan pengawetnya tidak berfungsi lagi,” dia memperingatkan. “Kamu tidak ingin mengambil risiko pada matamu, bukan?”

Keamanan obat kadaluarsa juga “dipertanyakan”. Ia menyebutkan tetrasiklin, salah satu jenis antibiotik untuk mengatasi berbagai jenis infeksi bakteri.

Ketika obat mengalami degradasi atau terurai, obat tersebut menjadi ‘anhydrotetracycline’.

Meskipun hal ini tidak mungkin terjadi sebelum tanggal kedaluwarsa jika disimpan sesuai petunjuk, produk pemecahan antibiotik tersebut “berbahaya bagi ginjal”, katanya. “Ini dapat menyebabkan kerusakan ginjal.”

Setelah terurai, obat lain – bukan jenis yang mudah didapat tanpa resep – juga berbahaya bagi pasien.

Insulin untuk diabetes, misalnya, dapat terdegradasi dengan cepat setelah tanggal kedaluwarsanya. Jika insulin gagal mengobati atau mencegah kadar gula darah tinggi, komplikasi bisa terjadi.

5. Bagaimana Mengetahui Obat yang Harus Dibuang?

Ada beberapa cara, selain memeriksa tanggal kadaluarsa, untuk mengetahui apakah obat Anda sudah tidak aman dikonsumsi.

“Salah satu tandanya adalah baunya,” kata Chew, yang menggunakan aspirin sebagai contoh. “Salah satu produk hasil penguraian aspirin adalah asam asetat. Asam ini seperti cuka, sehingga berbau asam.”

Amoksisilin, antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri, juga memiliki bau – seperti bau belerang – ketika terurai. Jika dicermati, kemasan antibiotik akan membengkak jika tidak enak lagi dikonsumsi.

Ketika pil menjadi bubuk juga, itu merupakan “sinyal bahwa obat tersebut tidak aman untuk dikonsumsi”, tambah Chew.

6. Bisakah Menggunakan Obat yang Tidak Dapat Resep Dokter?

Untuk memenuhi persediaan obat-obatan, ada pula yang akhirnya memberikan atau menjual persediaannya dengan harga murah di wadah online. Banyak obat yang terdaftar sebagai obat baru dan belum kadaluarsa.

Namun, menyerahkan obat yang diresepkan oleh dokter melalui metode ini adalah ilegal, tegas Ong, dengan memperhatikan Undang-Undang Obat dan Peraturan Produk Kesehatan (Produk Terapi). Bagi pembeli online, “tidak disarankan” mengonsumsi obat tersebut, ujarnya.

“Apa yang Anda lakukan adalah melewatkan langkah menemui profesional kesehatan, yang dapat mendiagnosis masalah Anda dan memberi Anda nasihat yang tepat tentang apakah obat tersebut tepat untuk Anda (dan) apakah obat tersebut memiliki efek samping.”

Ketika seseorang berbagi obat dengan anggota keluarganya, hal itu menjadi “kekhawatiran bersama”.*

Yuk bantu dakwah media melalui BCA 1280720000 a.n. Yayasan Baitul Maal Hidayatullah (BMH)

Powered by Blogger.
close