Dinasti Politik


Dinasti ini identik dengan kerajaan, biasanya ada raja dan putra mahkota. Seorang raja sudah hampir dipastikan akan mempunyai putra mahkota yang disiapkan untuk mengganti dirinya menjadi raja. Karena seorang raja pasti paham, bahwa dirinya tidak akan hidup kekal selamanya, dirinya tidak akan langgeng, maka dibutuhkan putra mahkota yang kelak akan meneruskan perjuangannya.

Seorang raja tentu akan menyiapkan diri dengan mendidik dan menyiapkan generasi penerusnya. Putra mahkota tentu akan disiapkan dengan sekuat tenaga dan biaya.

Dinasti politik di negeri wakanda pun sudah terasa sejak lama, sejak presiden pertama hingga presiden terakhir pun sudah berusaha mendirikan dinasti politik. Ya walau ada juga yang tidak pernah melirik sedikitpun tentang kedinatian politiknya. Para mantan presiden itu menyiapkan putra mahkota untuk menjadi  penggantinya, misalnya dengan menjadikan ketua umum partainya atau partai yang akan dibesarkannya.

Apalagi kalau bukan akan menciptakan dinasti politik. Toh ketika pernah menjadi pejabat tertinggi di negara ini untuk menjadikan putra mahkota sangat mudah. Dengan kekuasaan yang msaih ada di tangannya mudah sekali untuk mempengaruhi banyak orang, apalagi jika diberi stimulus materi atau mungkin proyek-proyek yang akan diberi.

Bukan saja dinasti kepemimpinan tertinggi di negeri wakanda ini yang bisa dipertahankan, dinasti di daerah pun bisa mereka ciptakan. Semisal selepas menjadi bupati di negeri wakanda, maka pada periode selanjutnya akan maju istri atau suaminya, atau mungkin juga anaknya. Mereka tentu punya biaya untuk mewujudkannya, mereka punya fasilitas negara untuk menggunakannya.

Dinasti politik akan terus digaungkan, sebenarnya itu wajar-wajar saja. Orang tua mana sih yang tidak bahagia ketika melihat anaknya sukses. Semua orang tua pun pasti bercita-cita seperti itu. 

Dinasti yang sekarang berada di tangannya pun ingin mereka wariskan kepada putra mahkotanya. Walau selama ini belum ada yang berhasil menurunkan langsung kepada putra mahkota. Namun upaya-upaya itu jelas-jelas nyata di depan mata para rakyatnya.

TMT
Powered by Blogger.
close