Penyakit Menular Seksual Baru Menyerang Inggris


Dikutip dari laman Hidayatullah.com—Pakar kesehatan masyarakat telah mengeluarkan peringatan tentang penyebaran wabah baru penyakit menular seksual (IMS) di Inggris. Laman Daily Star melaporkan, infeksi Mycoplasma genitalium (MG) dilaporkan meningkat di negara itu.

MG menimbulkan gejala yang parah dan menyakitkan, sementara para ahli mengatakan kuman penyakit tetap tersembunyi di dalam tubuh selama bertahun-tahun.

Menurut beberapa ahli medis, lebih dari 500.000 warga Inggris adalah pembawa penyakit menular seksual dan sebagian besar dari mereka tidak menyadari bahwa mereka telah terinfeksi.

Sebuah kelompok yang dikenal sebagai Lloyds Pharmacy Online Doctor telah mensurvei 500 orang dewasa Inggris untuk mengetahui seberapa baik mereka mengetahui tentang MG dan kapan terakhir kali mereka menjalani tes IMS.

Temuannya menunjukkan bahwa kurang dari satu dari lima responden pernah mendengar penyakit ini, sementara 90 persen lainnya tidak dapat menyebutkan gejala terkait penyakit MG.

Praktisi kesehatan dari platform layanan kesehatan online, Dr. Neel Patel, mengatakan MG merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Mycoplasma genitalium yang menginfeksi saluran kemih dan sistem sekretori pria dan wanita.

“MG dianggap sebagai penyakit menular seksual baru. Penyakit ini pertama kali terdeteksi pada tahun 1981, sedangkan tes kesehatan untuk mengidentifikasi infeksi tersebut baru tersedia pada tahun 2017,” ujarnya.

Patel menambahkan, MG dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius jika tidak ditangani. Menurutnya, MG juga dikaitkan dengan penyakit radang panggul (PID) yang dapat mengakibatkan kelahiran prematur dan keguguran pada ibu hamil.

“Jika pasien MG juga mengidap penyakit menular seksual lainnya seperti immunodeficiency virus (HIV), maka mereka berisiko lebih besar menularkan penyakit tersebut kepada orang lain,” jelas Patel.

Ia menambahkan, meski ada pasien MG yang tidak menunjukkan gejala apa pun dan sembuh secara alami, bakteri tersebut tetap berada dalam keadaan laten di tubuhnya selama bertahun-tahun.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan tes untuk mencegah Anda menyebarkan penyakit ini kepada orang lain, kata Patel.

Mycoplasma Genitalium atau MG tidak sama dengan Ebola yang merupakan jenis penyakit baru dan berbahaya. Penyakit ini sebenarnya muncul pertama kali pada tahun 1980-an di Amerika dan Inggris.

Kemunculannya selalu terjadi pada saat musim panas sehingga gangguan ini sering disebut sebagai wabah musim libur.  Sebagaimana diketahui, MG adalah bakteri yang menyerang sistem reproduksi baik pada pria dan wanita.

Sekilas penyakit ini hampir mirip dengan penyakit seks umum yang dialami masyarakat. Namun, penyebarannya bisa berjalan dengan cepat sehingga bisa menyebabkan pandemi di lingkungan masyarakat.

Sebelumnya, wabah cacar monyet yang sebagian besar menginfeksi laki-laki homoseksual menyebar ke seluruh dunia sehingga Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan darurat kesehatan masyarakat pada Juli 2022.

Sejak Januari 2022 hingga April lalu, lebih dari 87.000 kasus cacar monyet terdeteksi ditambah 140 kematian yang tercatat di 111 negara atau wilayah, kata WHO. Cacar monyet atau dikenal dengan nama Mpox awalnya merupakan penyakit endemik di Afrika Barat dan Tengah.

Namun, wabah Mpox terbaru tahun lalu terjadi antara biseksual dan pria yang menikmati hubungan seks sesama jenis.*

Powered by Blogger.
close