Dituduh HTI, Pengajian Syafiq Riza Basalamah Ditolak Banser Gunung Anyar



Dari laman Hidayatullah.com— Pembatalan pengajian kembali terjadi di Surabaya. Korban kali adalah gagalnya kajian Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Surabaya setelah puluhan anggota GP Ansor dan Banser merangsek tempat digelarnya kajian di Masjid Assalam Purimas, Suarabaya, Jawa Timur, Kamis (22/2/2024) petang.

Aksi penggagalan ini sempat viral di media social. Dalam tayangan video beredar nampak pria berseragam Banser berteriak dengan mata melootot mencoba merangsek ke dalam masjid.

GP Ansor dalam surat bernomor 013 PAC-X1-01-19/SR-02/2024, sebagaimana diunggah di akun Ustaz Syafiq Riza Basalamah  menyatakan keberatan dengan rencana pengajian tersebut. Banser menilai, ceramah Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Surabaya bersifat adu domba.

“Kami Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor dan Satuan Koordinasi Rayon Banser Gunung Anyar Kota Surabaya keberatan atas kehadirannya, mengingat bahwa ceramah bersifat bersifat provokatif dan adu domba,” tulis surat GP Ansor yang dikutip dari Instagram @syafiqrizabasalamah_official, Kamis (22/2/2024).

Banser juga menyebut ceramah Syafiq Riza Basalamah cenderung menimbulkan ujaran kebencian dan dapat memecah belah kerukunan umat Islam khususnya di wilayah Kecamatan Gunung Anyar.

“Pada dasarnya kami bukan anti pengajian yang diselenggarakan oleh siapapun, kapanpun, dimanapun sangat dianjurkan, namun kami sangat keberatan keras atas dakwah Syafiq Riza Hasan Basalamah yang menimbulkan keresahan pada masyarakat kita,” tulis surat  Surat yang ditandatangani Ketua M Asyiqun Nahdlil dan Sekretaris Awin Musyarifin itu.

Melalui akun IG, Syafiq Riza Basalamah menyatakan permintaan maaf kepada para jamaah atas batalnya pengajian ini.

“Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, jamaah rahimakumullah buat teman-teman yang udah di Masjid Salam. Ana berangkat tadi jam 1 udah nyampek sebelum maghrib dengan harapan bisa isi kajian. Tapi ternyata takdir Allah berkata lain. Maka ana mohon maaf atas ketidaknyamanan ini buat teman-teman semuanya,” demikian pernyataan Basalamah di akun resminya @syafiqrizabasalamah_official, Kamis (22/2).

“Tapi yang jelas langkah antum ke rumah Allah capek, lelah, dan detik-detik yang antum luangkan untuk hadir di kajian itu akan ditulis pahala buat antum InsyaAllah. Dan semoga diangkat derajat antum dan diantarkan ke surga Allah. InsyaAllah kita bertemu di lain waktu dan semangat Ya Ramadhan udah deket semoga Allah menyampaikan kita ke bulan Ramadhan dan semoga Allah berikan hidayah kepada teman-teman kita yang masih mungkin belum paham. Berbaik sangka kepada mereka,” lanjutnya.

Berikut keterangan PAC GP Ansor Gunung Anyar yang beredar di medsos:

GUNUNG ANYAR TOLAK HTI !!

  1. PAC GP Ansor Kecamatan Gunung Anyar keberatan atas acara Tablik Akbar di masjid Assalam Purimas Kota Surabaya.
  2. Ustadz Riza Syafiq Hasan Basalamah terindikasi radikal, sedangkan wilayah gunung anyar merupakan lumbung pesantren gudangnya ulama dengan karakter nahdliyin, pasti akan memunculkan konflik dan riak-riak di masyarakat maka dari itu kita perlu melakukan penolakan secara dini karena dapat mengganggu keharmonisan di wilayah gunung anyar.
  3. Bukan persoalan figurnya tapi karena persoalan prinsipnya dalam berdakwah karena dia menghakimi golongan lain. Ceramahnya bertentangan dengan aswaja yang dianut masyarakat kecamatan gunung anyar.

Kecaman Warganet

Aksi Banser ini menukai kecamat warganet. Pakar komunikasi dari Universitas Dr Soetomo Surabaya, Dr Redi Panuju prihatin masih ada tindakan main hakim sendiri berbaju ormas di Indonesia.

Yuk bantu dakwah media BCA 1280720000 a.n. Yayasan Baitul Maal Hidayatullah (BMH). Kunjungi https://dakwah.media/

“Yang saya heran, mengapa negara membiarkan para militer tumbuh di ormas ormas keagamaan kita. Ada apa sebenarnya di Republik ini? ,“ tulis Redipanuju di aku Instagramnya.

Organisasi ini nyatanya banyakan mudhorotnya di bandingkan manfaat nya 😭😭😭😭😭 Masa Sodara seimannya menyampaikan kebenaran malah di bubarkan aneh!!,” tulis akun @Fat0219@fathullahfathu2 di media X.

“Astaghfirullah…. 😭😭😭😭 @Kemenag_RI  itu tlg dikondisikan anak buahnya… Kok seenaknya saja bubarin kajian orang lain… Apakah seperti itu ajaran NU??.. Memang apa yg salah dgn kajian ust. Syafiq??.. @justlikefo60470.

Sementara Pujo Pangestu menulis, “Banser lagi banser lagi, Ketua KPU dari banser. Mbok ya itu ketua KPU diobrak abrik. Sudah melakukan kecurangan, sudah melakukan kebohongan. Kajian agama diobrak abrik, kecurangan dan kebohongan dibela. Yang bener aja..,’ tulisnya.

Dr. Syafiq Riza Hasan Basalamah, Lc., M.A. adalah seorang dai, dosen, dan penulis. Pria kelahiran Jember, Jawa Timur pada 15 Desember 1977 ini menjabat sebagai anggota Dewan Fatwa Perhimpunan Al-Irsyad.

Alumni Universitas Madinah adalah penceramah yang poluler di kalangan jamaah Salafi, bukan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) sebagaimana tuduhan serupa untuk menggagalkan pengajian, termasuk yang pernah digunakan untuk membatalkan Ustad Hanan Attaki.

Untuk diketahui, antara gerakan Salafi dan HTI adalah dua hal berbeda. *

Powered by Blogger.
close