Jangan Terkecoh! Ini Daftar Kurma Israel Menurut Lembaga Boikot


Dari laman Hidayatullah.com – Pembantaian dan Genosida terhadap warga Palestina di Gaza masih terus berlanjut hingga kini. Untuk membantu perjuangan Palestina, salah satu cara yang dapat kita tempuh adalah dengan melakukan boikot terhadap produk-produk Zionis termasuk kurma Israel.

Apalagi Israel merupakan salah satu produsen terbesar di perdagangan kurma dunia. Ia berada di peringkat kedua, di bawah Arab Saudi. Bahkan nilai ekspor kurma Israel mencapai lebih dari $317 juta atau sekitar Rp 4,5 triliun.

Pada bulan suci Ramadhan, yang tinggal beberapa hari lagi, kurma menjadi pilihan wajib untuk takjil umat Islam. Karenanya kita perlu berhati-hati agar tidak membeli kurma Israel.

Meski begitu, kita perlu mengetahui daftar kurma Israel dari sumber dan lembaga yang kredibel. Salah satu lembaga pelopor boikot yang terpercaya ialah BDS atau Boycott, Divestment and Sanctions atau Boikot, Divestasi dan Sanksi.

BDS merupakan sebuah gerakan protes non-kekerasan global terhadap produk budaya dan ekonomi Israel. Gerakan yang pertama kali lahir pada 2005 ini selalu konsisten menggaungkan ajakan boikot terhadap produk Zionis, termasuk kurma Israel.

Berikut daftar kurma Israel menurut BDS Australia:

  1. Jordan River
  2. King Solomon
  3. King Medjoul
  4. Carmel
  5. Barhi
  6. Hadiklaim
  7. Medjool Plus

Cara membedakan kurma Israel

Menurut BDS Australia, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan masyarakat Muslim sebelum membeli produk kurma agar terhindar dari kurma Israel.

  1. Periksa label, hindari label “Made in Israel, Made in West Bank atau Made in Jordan Valley”.
  2. Berhati-hati jika membeli kurma Medjool. Kurma jenis ini menjadi jenis yang paling banyak diekspor oleh Israel.
  3. Hindari produk berlabel perusahaan Mehadrin, Agrexco, Arava, Edom dan MTex. Kelimanya merupakan perusahaan pengekspor kurma dari Israel dan pemukiman ilegal.

Dampak boikot kurma

Menurut Muslim Amerika untuk Palestina (AMP), sejak meluncurkan Boikot Nasional Kurma Israel pada tahun 2011, pihaknya telah melihat penurunan impor kurma Israel yang luar biasa ke AS.

Yuk bantu dakwah media BCA 1280720000 a.n. Yayasan Baitul Maal Hidayatullah (BMH). Kunjungi https://dakwah.media/

Impor kurma Israel oleh AS telah turun menjadi 16,5% untuk tahun pasar 2020/2021 dibandingkan dengan 25% pada tahun 2015. Boikot kurma sangat efektif. Itulah mengapa sangat penting bagi kita untuk terus memperkuat seruan boikot!

Powered by Blogger.
close