Pintu-pintu Kebaikan Pun Terbuka



"Kullu ma'ruufin shadaqah", setiap kebaikan itu sedekah. 

Sebuah hadits yang memotivasi manusia untuk berbuat kebaikan. Karena setiap kebaikan akan menjadi sedekah. Baiknya suami kepada istri itu sedekah, pun sebaliknya, baiknya istri kepada suami akan menjadi sedekah, baiknya orang tua kepada anak-anaknya juga akan dihitung sedekah, pun perbuatan baik anak-anak kepada kedua orangtuanya akan menjadi sedekah bagi mereka. 

Seorang guru yang baik kepada anak didiknya akan bernilai sedekah, pun sebaliknya kebaikkan seorang murid kepada gurunya akan menjadi sedekah. Orang tua yang baik kepada guru anak-anak mereka pun juga bernilai sedekah, juga sebaliknya guru yang baik kepada orang tua anak didik mereka akan diberi cap sedekah.

Senyum yang merekah di depan saudara, kepada tamu yang datang ke rumah, kepada pelanggan, kepada pembeli pun akan menjadi sedekah. Menyingkirkan hambatan di jalanan, misal ada batu, kayu, tali, atau lainnya yang menghalangi seseorang berjalan itupun akan menjadi sedekah. Bahkan hubungan badan, rayuan kata, belaian mesra, senda gurau padangan suami istri akan menjadi sedekah.

Sungguh pintu-pintu kebaikan pun terbuka sangat lebar, tinggal manusianya saja apakah dia akan menuruti hawa nafsunya atau mengikuti hati nuraninya.
Kebaikan itu jika ditularkan dan orang lain terinspirasi untuk mengikuti perbuatan baik itu, maka dia akan mendapat pahala sebagaimana orang yang berbuat baik. Maka jangan pernah ragu untuk berbuat baik dan menebarkan kebaikan.

TMT 

Powered by Blogger.
close