Adidas Salurkan $150 juta pada Kelompok Pro-’Israel’



Dikutip dari media Hidayatullah.com—Adidas menyumbangkan lebih dari USD 150 juta kepada kelompok pro-’Israel’ dari penjualan sepatu “Yeezy” pada Maret lalu setelah mengakhiri kolaborasinya dengan rapper kontroversial, Ye atau lebih dikenal dengan Kanye West, lapor The Arab News.

Kolaborasi
 brand ternama asal Jerman tersebut dengan Kanye dikabarkan berakhir pada Oktober 2022 akibat komentar dan wawancara anti-Semit sang artis, termasuk di media sosial.

Menyusul berakhirnya kolaborasi,
 Adidas dikabarkan memiliki sepatu kets tersebut senilai 1,2 miliar Euro (USD1,3 miliar) di gudangnya.

Adidas
 telah menyumbang atau berencana mendonasikan lebih dari 140 juta Euro (sekitar USD152 juta) dari keuntungan 300 juta Euro dari penjualan sepatu Yeezy tahun lalu.

Perusahaan tersebut memutuskan untuk menjual sisa sepatunya dan menyumbangkan hasilnya kepada organisasi pro-’Israel’, Liga Anti-Pencemaran Nama Baik (ADL), sebuah organisasi nirlaba pro-’Israel’ dengan misi memerangi ‘anti-semitisme’.

ADL sebelumnya disebut-sebut telah menyimpang dari kebenaran ketika memperluas definisi anti-semitisme dengan memasukkan mereka yang menentang Zionisme sebagai anti-semitisme.

Adidas
 baru-baru ini mendapat kecaman karena membatalkan penampilan model ras campuran Palestina Bella Hadid dari kampanye sepatu retro terbarunya yang terinspirasi oleh Olimpiade Munich 1972 setelah mendapat tekanan dari kelompok pro-’Israel’.

Setelah itu, Bella menyewa seorang pengacara untuk mengambil tindakan terhadap Adidas “karena kurangnya akuntabilitas publik” dan meluncurkan kampanye “untuk menghubungkan siapa pun dengan kematian dan kekerasan yang terjadi di Olimpiade Munich 1972,” lapor US Weekly hari Ahad.

Adidas 
kembali mengeluarkan permintaan maaf kepada Bella dan mitra lainnya setelah menerima ancaman, kantor berita Anadolu melaporkan pada hari Kamis.

Menyusul keputusan perusahaan dan sikapnya yang pro-’Israel’, pengguna media sosial terlihat bersatu dalam membela Bella dengan menyerukan boikot terhadap produk
 Adidas.*

Powered by Blogger.
close