Jalan Kaki 10.000 Langkah Per Hari Turunkan Risiko Kematian di Usia Dini


Dikutip dari media Hidayatullah.com—Pakar kesehatan Malaysia,Associate Professor Dr Aidalina Mahmud mengatakan, berjalan kaki dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan mental.

Seperti diketahui, jalan santai atau cepat merupakan salah satu olahraga sederhana yang bisa dilakukan banyak orang dan memiliki berbagai manfaat.

Manfaat jalan kaki di antaranya adalah dapat memperkuat jantung, membantu menurunkan kadar gula darah, menurunkan risiko penyakit kronis dan masih banyak lagi.

Dosen dan Dokter Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universiti Putra Malaysia (UPM), Associate Professor Dr Aidalina Mahmud mengatakan, praktik berjalan kaki hingga 10.000 langkah per hari juga dapat menurunkan risiko kematian di usia dini.

Selain itu, kata dia, latihan yang dilakukan dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan mental.

Menurutnya, pola hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab masyarakat tidak melakukan aktivitas kardiovaskular. Jalan kaki dapat meningkatkan produktivitas dan membakar kalori

Dijelaskannya, jalan kaki 10 hingga 15 menit setiap hari dapat membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan produktivitas.

“Kita diimbau untuk berjalan 10.000 langkah setiap hari karena itu gerakan yang paling mudah dilakukan dan masyarakat perlu menjadikan kegiatan ini sebagai rutinitas,” ujarnya.

“Jalan kaki untuk kesehatan itu ada dua jenisnya, yaitu jalan santai dan jalan cepat. Jalan santai ini bagus untuk kesehatan mental, sedangkan jalan cepat dapat membakar lemak dan menurunkan berat badan.”

“Kegiatan seperti ini perlu dijadikan budaya karena masyarakat Malaysia kurang suka melakukan aktivitas fisik. Misalnya kalau kita ke supermarket, kita lebih memilih parkir dekat pintu utama daripada berjalan jauh,” ujarnya seperti dikutip Sinar Harian.

Tahun lalu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology menemukan bahwa berjalan kaki setidaknya 3.967 langkah sehari dapat mengurangi risiko kematian karena sebab apa pun.

Bahkan, penelitian yang sama juga mengungkapkan bahwa berjalan kaki sebanyak 2.337 langkah sehari dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah.

Cuaca panas salah satu alasan orang Malaysia enggan berjalan kaki

Lebih jauh berbagi, Aidalina mengatakan kondisi cuaca panas ekstrem dan kawasan pejalan kaki yang tidak bersahabat menjadi salah satu alasan mengapa masyarakat Malaysia lebih jarang berjalan kaki.

“Dalam situasi seperti ini, dimungkinkan untuk memulai budaya jalan kaki dalam skala kecil seperti di pusat perbelanjaan dan tempat tertutup. Kita mulai dengan langkah kecil seperti berjalan ke musala atau ke toko dekat rumah,” ujarnya.

Faktanya, berjalan kaki 1 kilometer (km) setara dengan kurang lebih 1.250 langkah, jika kamu berjalan kaki dari Muar, Johor menuju Jalan Parlimen, Kuala Lumpur dengan jarak 200 Km, maka langkah yang kamu tempuh berjarak 250.000 langkah.*

Powered by Blogger.
close