Pendeta ‘Kharismatik’ Bunuh Diri, Mantan Istrinya Ungkap Kebohongan dan Aksi Pelecehan Seksualnya


Dikutip dari media Hidayatullah.com—
Seorang pendeta karismatik yang ‘membuat kagum’ keluarga dan pengikutnya menyatakan ‘kemenangan’ mantan istrinya dalam catatan bunuh diri, sebelum menembak dirinya sendiri.

Perbuatannya itu dilakukan beberapa hari setelah mantan istrinya membeberkan kebohongan hidupnya selama puluhan tahun ke publik.

‘Dokter’ Justin Meier, 43, meninggalkan catatan bunuh diri yang memberi tahu Laura Mahoney bahwa dia telah “menghancurkan seluruh hidupnya” setelah membuat halaman
 Facebook yang mengungkapkan kualifikasi palsu, predasi seksual, dan penyelidikan pelecehan seksual terhadap anak.

Saat kamu menjajakan beberapa kebohongan ini untuk ibumu. Saya tidak menyalahkan Anda,” ucapnya kepada anak-anaknya seperti dikutip Daily Mail, yang juga mengungkap pelecehan seksual yang dilakukannya terhadap mereka.

Sang Imam sempat menggambarkan dirinya sebagai hamba Tuhan yang progresif dan dilaporkan mengenakan sweter pro-LGBT berwarna pelangi.

“Jika dia berbicara kepada Anda, dia akan membuat Anda merasa seperti orang paling istimewa di dunia,” kata Brandi Brash Pangborn yang bekerja di kantor Grace Church di Richmond, Missouri.

Menurut Pangborn, Meier menawarkan konselingnya saat dia berjuang menghadapi kematian ibunya pada tahun 2018.

“Dia mulai dengan berkata, ‘Anda tahu, saya seorang pendeta di sini. Dan ini bukanlah sesuatu yang seharusnya saya katakan, tetapi, seperti, saya selalu mencintaimu’,” kata Pangborn kepada 
Kansas City Star.

“Dan kemudian dia mencium saya. Dia berkata, ‘Saya tidak bisa menahan diri. Kita sudah berteman baik sejak lama. Dan saya sangat menyesal Anda mengalami semua ini. Saya hanya mencintaimu dan benar-benar peduli padamu’.

“Saya kira Anda akan menyebutnya bom cinta.”

Meier akhirnya pindah dengan Pangborn tetapi terus merayu klien lain, menghancurkan serangkaian pernikahan dalam prosesnya. “Mungkin, dalam satu setengah tahun, setidaknya lima,” kata Pangborn.

Meier dan Mahoney pernah menjadi teman sekolah di Salina Central High di Kansas ketika mereka mulai berkencan pada tahun 1998 dan mereka menikah di kampung halaman mereka pada hari tornado melanda pada Mei 2002.

“Aku jatuh cinta secara membabi buta,” kata Mahoney. “Dia penuh perhatian. Dia baik, selalu membuatku merasa baik-baik saja.”

“Dia selalu bercanda di sekolah menengah, dia akan menjadi seorang pengkhotbah atau politisi. Dia tidak tahu yang mana.”

“Dia adalah pembicara yang baik, terutama ketika dia masih muda. Banyak orang mencintainya.”

Pasangan itu memiliki tiga anak Lilly, Eli dan Josia, ketika Meier berjuang untuk tetap bekerja di tengah rumor perilaku tidak pantas dengan anak-anak.

“Ada seorang anak laki-laki di gereja yang berada di sisi Justin sepanjang waktu,” kata Mahoney tentang postingannya pada tahun 2003 di Clarks Hill, Indiana.

“Lalu, tiba-tiba, dia tidak sadarkan diri, dan ibunya melihat perubahan besar pada dirinya. Dia melapor ke polisi dan berkata, ‘Sesuatu telah terjadi pada anak saya’.”

Meier dengan cepat meningkatkan kehadiran di pelayanan anak-anak dari 15 menjadi lebih dari 100. Dia membantah adanya aktivitas seksual dengan anak berusia 13 tahun tersebut dan hanya mengklaim bahwa dia telah menegurnya karena membawa narkoba ke halaman gereja.

“Anak itu tidak mau berkata apa-apa, jadi polisi tidak punya apa-apa,” kata Mahoney.

“Saat pertama kali bertemu, dia akan memelukmu erat-erat dan berkata, ‘Senang sekali bertemu denganmu. Aku sudah banyak mendengar tentangmu.”

“Tetapi, biasanya, itu hanya agar dia dapat membuat koneksi itu sehingga dia dapat memanfaatkanmu nanti.”

“Orang-orang di gereja memuja Justin,” kata Lilly Meier, 21 tahun. “Kami bercanda bahwa orang-orang menyembah Justin, bukan Yesus.”

Lilly Meir mengatakan ayahnya menyiksanya selama bertahun-tahun, sering kali setelah salah satu dari mereka sering minum. “Dia seorang narsisis dan mungkin seorang sosiopat,” katanya
.

“Saya mengatakan ini dengan segala hormat kepada orang-orang di (Richmond). Mereka terpesona oleh fatamorgana seseorang. “Saya tidak ingin terlihat seperti saya punya dendam atau, seperti, itu karena marah atau kepahitan terhadap situasi,” katanya.

“Dia adalah sahabat saya. Kami adalah yang paling dekat dan saya mencintainya dengan sepenuh hati. Dia adalah orang favorit saya di planet ini. Dia benar-benar menghancurkan kehidupan banyak orang.”

Adik laki-lakinya, Eli, sekarang berusia 19 tahun, mengatakan dia dilecehkan sejak usia lima tahun, terkadang dalam perjalanan pendirian gereja untuk 
Churches of God, General Conference yang berpusat di Ohio.

Jelas ada beberapa pelecehan seksual saat tumbuh dewasa, ingatan saya yang paling awal tentang hal itu terjadi adalah ketika kami tinggal di Lawrence.”

Pada tahun 2015, keluarga tersebut telah menetap di Richmond, tempat Meier mulai dipandang sebagai pilar masyarakat.

T
ahun berikutnya, ia terpilih sebagai presiden kamar dagang, tetapi masa lalunya yang penuh penipuan mulai menghantuinya.

Churches of God t
elah melihat Meier mengklaim dalam profil daringnya bahwa ia  klaim yang mereka tahu sebagai kebohongan.

“Justin Meier selalu memiliki keinginan untuk mencoba, Anda tahu, menjadi lebih dari apa yang ia miliki, menjadi lebih mengesankan daripada apa yang ia miliki,” kata Direktur Eksekutif Gereja Lance Finley kepada 
The Star.

Belakangan diketahui bahwa Meier adalah Direktur Institut Alkitab yang sekarang sudah tidak ada lagi. “Ketika saya mengonfrontasinya setelah dia mulai menggunakan kata ‘dokter’, maksud saya saya belum pernah melihatnya seagresif itu,” kata Mahoney.

Itu benar-benar menakutkan. Saya pernah melakukannya sekali dan dia berkata, ‘Jika kamu tidak percaya padaku, lebih baik kita bercerai saja! Bagaimana mungkin kamu tidak percaya padaku tentang hal-hal ini? Mengapa saya berbohong tentang ini?!’

“Itu hal yang besar. Saya hanya berkata, ‘Oke, oke, kurasa kamu percaya’.”

Saat itu pernikahan mereka mulai retak.

Mahoney akhirnya mengajukan gugatan cerai pada bulan April 2019 dan Meier, yang masih terlibat dengan Pangborn, mendaftar di grup dukungan perceraian 
Facebook tempat dia bertemu Sarah Ann Miller, 39 tahun.

Dia memiliki empat anak dari 18 tahun pernikahannya dan dia menawarkan konseling gratis.

Pada bulan April 2021 mereka menikah, tetapi Miller sudah memiliki keraguan serius tentang kekasihnya. “Coba bayangkan orang yang sangat cocok dengan hidup Anda. Itulah sosoknya.”

“Saya benar-benar jatuh cinta dengan pria itu.”

Pasangan itu memutuskan untuk mendirikan gereja baru yang berafiliasi dengan Keuskupan Anglikan Emmanus Way. Namun, tak lama pasangan itu mulai bertengkar.

S
aat itu, putri Meier, Lilly, kuliah di Graceland University di Lamoni, Iowa, tempat ayahnya menyetir setidaknya seminggu sekali dan, tanpa sepengetahuan pihak universitas, melakukan sesi konseling dengan para mahasiswa.

“Saya pribadi telah berbicara dengan setidaknya lima mahasiswa yang dalam tanda kutip sedang menjalani ‘terapi’ dengannya,” kata Miller.

Lima gadis. Salah satu dari mereka mengaku telah berhubungan seks dengannya. Sebelum dia meninggal, dia mempertimbangkan untuk mengajukan tuntutan, tetapi dia ingin menunggu sampai setelah Natal.”

Keuskupan baru Meier mulai curiga, meluncurkan penyelidikan terhadap ‘uskup’ gadungan mereka yang baru.

Pada bulan Maret 2023, keuskupan mengeluarkan laporan mengejutkan yang merinci kebohongan Meier.

Tuan Meier adalah pembohong ulung dan penipu alami,” katanya, “predator seksual yang mengandalkan karisma, bicara cepat, dan manipulasi emosional.”

Berita itu ditayangkan pada tanggal 19 Desember, dan empat hari kemudian Mahoney menerima telepon yang memberi tahu bahwa mantan suaminya itu telah bunuh diri di Ford Ranger miliknya di dalam gudang Grain Valley.*

Powered by Blogger.
close